Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Temukan 103 Anak Telantar di Dalam Truk Peti Kemas

Kompas.com - 07/03/2023, 07:06 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pihak berwenang Meksiko menyampaikan pada Senin (6/3/2023) bahwa 103 anak termasuk di antara beberapa ratus migran yang ditemukan di sebuah truk yang ditinggalkan begitu saja di jalan raya di Negara Bagian Veracruz.

Dalam sebuah pernyataan, Institut Migrasi Nasional Meksiko menyebutkan, sebagian besar anak-anak di bawah umur itu berasal dari Guatemala.

Pihak berwenang Meksiko total mendapati ada 343 migran gelap di dalam truk tersebut. Mereka berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Baca juga: Meksiko Temukan 57 Anak Tanpa Pendamping di Dalam Truk Migran

Institut Migrasi Nasional Meksiko menyampaikan, kendaraan besar itu ditemukan pada Minggu (5/3/2023) malam di sebuah jalan raya di negara bagian Veracruz, Meksiko timur tanpa pengemudi.

Truk didapati dilengkapi dengan dengan kipas angin dan ventilasi.

“Bagian trailer truk dimodifikasi sehingga memiliki dua lantai untuk mengangkut lebih banyak orang,” kata Institut Migrasi Nasional Meksiko, dikutip dari AFP.

Truk adalah salah satu metode paling berbahaya yang digunakan oleh penyelundup manusia untuk mengangkut migran tidak berdokumen melalui Meksiko ke Amerika Serikat.

Juni lalu, lebih dari 50 migran meninggal setelah mereka ditinggalkan di truk trailer traktor yang panas terik di San Antonio, Texas.

Pada Desember 2021, sebanyak 56 migran tujuan AS dari Amerika Tengah tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika truk yang mereka tumpangi terbalik di Meksiko selatan.

Baca juga: Meksiko Akan Tinjau Pesan SOS El Chapo untuk Pulang dari AS

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com