Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Charles Berterima Kasih kepada Rakyat Inggris dan Orang-orang di Seluruh Dunia

Kompas.com - 19/09/2022, 08:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com – Raja Charles III berterima kasih kepada rakyat Inggris dan orang-orang di seluruh dunia atas ucapan simpati mereka terhadap wafatnya Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada 8 September dalam usia 96 tahun dan upacara pemakamannya akan digelar pada Senin (19/9/2022), hari ini.

Pemakaman hari ini akan mengakhiri 10 hari prosesi berbagai upacara setelah meninggalnya sang ratu, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: 9 Istana Raja Charles yang Diwarisi dari Ratu Elizabeth

Wafatnya Ratu Elizabeth II telah menarik perhatian ratusan ribu orang untuk memberikan penghormatan dan simpati.

“Selama 10 hari terakhir, saya dan istri saya sangat tersentuh oleh banyak pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini dan di seluruh dunia,” kata Raja Charles III, Minggu (18/9/2022).

Raja Charles III langsung mewarisi takhta kerajaan Inggris setelah wafatnya Ratu Elizabeth II, ibunya.

Baca juga: Mengaku Anak Rahasia Charles dan Camilla, Ini Masa Lalu Simon Dorante-Day

“Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh oleh semua orang yang bersusah payah datang dan memberikan penghormatan mereka atas jasa seumur hidup ibuku tersayang, mendiang ratu,” ucap Raja Charles III.

Dalam upacara pemakaman hari ini, peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey untuk kebaktian.

Setelah dari Westminster Abbey, peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Kastil Windsor, di mana jenazahnya akan dimakamkan di samping pusara suaminya, Pangeran Philip.

Pemakaman Ratu Elizabeth II hari ini akan mengakhiri masa berkabung nasional di Inggris, meskipun berkabung kerajaan akan berlanjut selama tujuh hari lagi.

Baca juga: Pria Ini Mengaku Anak Rahasia Raja Charles III dan Camilla, Juga Klaim Prince of Wales yang Sah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com