Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Negara Asia Berburu Minyak Rusia | Liz Truss PM Inggris Baru

Kompas.com - 06/09/2022, 06:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Berita tentang beberapa negara Asia berburu minyak Rusia dengan harga diskon memuncaki daftar artikel Populer Global hari ini.

Di bawahnya ada insiden Kedubes Rusia di Kabul diguncang bom bunuh diri, dan Liz Truss terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Rusia ingin menghancurkan kehidupan normal orang Eropa, dan untuk kali pertama sejak 2010 kapal perang Turkiye berlabuh di Israel.

Baca juga: 33 Kota di China Kembali Terapkan Lockdown Covid-19, 65 Juta Penduduk Terdampak

Rangkuman artikel Populer Global sepanjang Senin (5/9/2022) hingga Selasa (6/9/2022) pagi dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Beberapa Negara Asia Berburu Minyak Rusia dengan Harga Diskon, Bagaimana Indonesia?

Sejumlah negara di Asia beralih ke Rusia untuk mendapatkan minyak mentah dengan harga diskon di tengah harga energi global yang masih tinggi.

Hal ini terjadi ketika negara-negara Barat berusaha mengurangi ketergantungan mereka pada energi Rusia.

India diketahui semakin banyak membeli minyak mentah Rusia, dan data pengapalan terbaru menunjukkan China juga makin banyak membeli minyak dari negara pimpinan Vladimir Putin tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: 10 Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia

2. Kedubes Rusia di Kabul Diguncang Bom Bunuh Diri, 2 Staf Tewas

Dua anggota staf Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di ibu kota Afghanistan Kabul tewas pada Senin (5/9/2022), dalam ledakan atau serangan di kompleks kantor tersebut.

"Pada pukul 10.50 waktu Kabul pada 5 September, seorang penyerang tak dikenal mengaktifkan sebuah alat peledak di luar pintu masuk departemen konsulat Kedubes Rusia di Kabul," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Akibat serangan itu, dua pegawai Kedubes tewas dan ada juga warga Afghanistan di antara yang terluka," tambah keterangan Kementerian Luar Negeri Rusia, dikutip dari kantor berita TASS.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Memahami Tujuan Perang Putin

3. Liz Truss Resmi Terpilih Jadi PM Inggris Gantikan Boris Johnson

Liz Truss resmi terpilih menjadi PM Inggris menggantikan posisi Boris Johnson pada Senin (5/9/2022).

Liz Truss diumumkan menjadi Perdana Menteri Inggris setelah memenangi kontes kepemimpinan internal dari Partai Konservatif yang berkuasa.

Dilansir dari kantor berita AFP, Liz Truss mengalahkan saingannya, Rishi Sunak, dengan 81.326 suara (57 persen) berbanding 60.399 suara (43 persen) dalam pemilihan internal yang diadakan setelah Boris Johnson mundur pada bulan Juli.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com