Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shinzo Abe Tewas Ditembak, PM Jepang Fumio Kishida Emosional dan Kehabisan Kata-kata

Kompas.com - 08/07/2022, 19:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, dia kehabisan kata-kata saat mengucapkan belasungkawa terkait insiden Shinzo Abe mantan PM Jepang ditembak dan tewas.

Shinzo Abe tewas pada Jumat (8/7/2022) setelah ditembak ketika berkampanye di kota Nara

"Saya doakan nyawanya selamat, tetapi meskipun demikian, saya datang karena mengetahui (kematiannya)," kata Kishida yang tampak emosional kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak

"Ini benar-benar disesalkan. Saya kehabisan kata-kata. Saya menyampaikan belasungkawa dan doa yang tulus agar arwahnya beristirahat dalam damai," lanjutnya.

Shinzo Abe adalah perdana menteri terlama Jepang yang mengundurkan diri pada 2020 karena alasan kesehatan.

Mantan PM Jepang ditembak saat berkampanye di wilayah Nara menjelang pemilihan majelis tinggi pada Minggu (10/7/2022).

"Selama periode pemilihan ini, tindakan tercela dan biadab dilakukan, merenggut nyawa mantan perdana menteri Abe. Ini tidak bisa dimaafkan. Kami mengecamnya sekali lagi dengan tegas," imbuh Kishida.

Agenda pemilihan akan berlanjut dengan tindakan penuh dan menyeluruh untuk memastikan keamanan, tambah Kishida, pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di mana Abe juga menjadi anggotanya.

Baca juga:

"Kita harus benar-benar membela pemilihan umum yang bebas dan adil, yang merupakan dasar demokrasi. Kami akan melanjutkan kampanye pemilihan besok seperti yang direncanakan dengan keyakinan teguh bahwa kami tidak akan pernah menyerah pada kekerasan," tegasnya.

Shinzo Abe "mengambil tanggung jawab berat sebagai perdana menteri selama delapan tahun delapan bulan," periode terpanjang dalam sejarah modern, tambah Kishida.

"Dia membimbing negara dalam menghadapi situasi domestik dan internasional yang sulit melalui kepemimpinan dan kemampuan eksekutifnya yang luar biasa."

Shinzo Abe tewas dalam usia 67 tahun. Ia menderita luka tembak di sisi kanan lehernya serta pendarahan subkutan di dada kirinya. Pelaku menggunakan senjata rakitan dan menembaknya dari belakang.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak, Ini Identitas Pelaku dan Pengakuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com