Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Jepang Meninggal Usai Ditembak, Ini Kronologi Tewasnya Shinzo Abe

Kompas.com - 08/07/2022, 18:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KASHIHARA, KOMPAS.com - Shinzo Abe mantan PM Jepang meninggal setelah ditembak saat berpidato dalam kampanye di kota Nara, Jumat (8/7/2022).

Kabar mantan PM Jepang meninggal dikonfirmasi oleh seorang pejabat Partai Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Shinzo Abe.

Shinzo Abe meninggal pada usia 67 tahun di rumah sakit kota Kashihara, prefektur Nara, lokasi dia dirawat.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah kronologi Shinzo Abe mantan PM Jepang ditembak lalu meninggal beserta fakta-faktanya.

1. Momen saat mantan PM Jepang ditembak

Eks PM Jepang Shinzo Abe. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).AFP/TORU YAMANAKA Eks PM Jepang Shinzo Abe. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).
Shinzo Abe sedang berpidato dalam kampanye di kota Nara ketika penembakan terjadi.

Dia berdiri di atas panggung di depan stasiun kereta api Yamato-Saidaiji, untuk mendukung Kei Sato kandidat dari Partai Demokrat Liberal-nya Shinzo Abe

Sekitar pukul 11.30 waktu setempat, video menunjukkan seorang pria mengenakan atasan abu-abu dan celana coklat bergerak ke arah Shinzo Abe dari belakang.

Dia menembakkan setidaknya dua tembakan. Kepulan asap muncul dan penonton yang ketakutan langsung merunduk.

Setelah mantan PM Jepang ditembak, Shinzo Abe pingsan, tampak berdarah, dan orang-orang di sekitarnya melakukan pijat jantung, kata saksi mata.

Adapun pelaku penembakan ditangkap polisi di lokasi kejadian.

2. Kondisi Shinzo Abe setelah mantan PM Jepang ditembak

Shinzo Abe dibawa ke Rumah Sakit Universitas Medis Nara untuk perawatan. Stasiun tv nasional NHK mengatakan, dia dapat berbicara selama beberapa menit setelah ditembak, tetapi kemudian pingsan.

Pihak rumah sakit pada Jumat (8/7/2022) menyatakan mantan PM Jepang meninggal.

"Shinzo Abe dibawa ke (rumah sakit) pada pukul 12.20. Dia dalam keadaan henti jantung saat tiba. Resusitasi diberikan. Namun, sayangnya, dia meninggal pada pukul 17.03," kata Hidetada Fukushima profesor kedokteran darurat rumah sakit.

Shinzo Abe menderita luka tembak di sisi kanan lehernya, lapor NHK. Pejabat setempat menolak untuk mengonfirmasi rincian lukanya.

Baca juga:

3. Penembak Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, terlihat di layar, selama pertemuan di Taipei, Rabu 1 Desember 2021. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).KYODO NEWS via AP Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, terlihat di layar, selama pertemuan di Taipei, Rabu 1 Desember 2021. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).
Sumber polisi mengatakan kepada media lokal, seorang pria berusia 41 tahun bernama Tetsuya Yamagami ditangkap setelah mantan PM Jepang ditembak dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com