Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Sekolah di Jepang Gelar Ospek dengan Metaverse

Kompas.com - 25/04/2022, 17:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

NIIGATA, KOMPAS.com - Sebanyak 29 sekolah kejuruan yang dioperasikan oleh NSG College League di prefektur Niigata, Jepang, mengadakan masa orientasi siswa baru atau ospek dengan metaverse pada 8 April 2022.

Dikutip dari Japan Today pada Sabtu (16/4/2022), sebanyak 3.000 murid baru mengikuti ospek metaverse ini.

Ospek metaverse dimulai dengan gaya komedi Satoshi Mukai yang terkenal dalam acara hit Netflix Last One Standing.

Baca juga: Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Bagaimana Bentuk Metaverse Nantinya?

Selanjutnya, Kepala Sekolah Niigata Business College Toshihiko Watanabe menyapa para siswa atas nama 29 kepala sekolah dalam kelompok-kelompok sekolah tersebut.

Ospek itu diselingi dengan pesan video, seperti yang disampaikan oleh perwakilan siswa Harukazu Okiyama dari Sekolah Budaya Tradisional dan Kesejahteraan Lingkungan Sado di kota Sado.

Okiyama menyarankan para siswa baru belajar teknologi untuk membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan sesama siswa.

Di paruh kedua acara, anggota lain dari unit manzai Mukai Panther yaitu Ryotaro Kan dan Takahiro Ogata juga hadir. Semua orang diizinkan bebas berbaur di ruang virtual melalui avatar robot.

Dapat dikatakan bahwa ospek ini sebenarnya lebih penting bagi orangtua daripada siswa itu sendiri, jadi mereka diizinkan menonton melalui live streaming di YouTube.

Menurut NSG, sekitar 1.200 tamu masuk untuk menonton. NSG College League juga mengeklaim ospek metaverse ini sukses besar.

Salah satu manfaat ospek metaverse adalah murid tidak perlu datang langsung ke sekolah, sehingga bisa menghadirinya dari mana pun termasuk kamar tidur mereka.

Baca juga: Istri Menkeu Inggris Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth II, Berangkat Sekolah Naik Becak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com