Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Arti Simbol Z di Tank Rusia Saat Invasi ke Ukraina

Kompas.com - 03/03/2022, 13:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KIEV, KOMPAS.com - Tank Rusia, artileri, dan kendaraan militer lainnya dari negara itu memakai simbol huruf Z dari coretan cat putih saat menginvasi Ukraina.

Selain huruf Z, simbol-simbol lain misalnya huruf, angka geometris, hingga kombinasi keduanya.

Menurut media Spanyol, AS, ada lebih dari 10 kombinasi berbeda yang terlihat pada bodi tank Rusia, baik di depan maupun samping.

Baca juga: Kenapa Invasi Rusia ke Ukraina Melambat, Mungkin Ini Tujuannya...

Kemudian menurut laporan Sky News, beberapa tanda Z di tank Rusia hanya muncul di lokasi tertentu.

Sesaat sebelum pecah perang, sejumlah kendaraan militer dengan simbol Z terlihat di dekat kota Belgorod, Rusia, tak sampai 30 km dari perbatasan Ukraina.

Tank Rusia dengan simbol Z dalam segitiga di Belgorod, sesaat sebelum invasi ke Ukraina.SKY NEWS Tank Rusia dengan simbol Z dalam segitiga di Belgorod, sesaat sebelum invasi ke Ukraina.
Lalu, apa arti simbol Z di tank Rusia saat perang Ukraina?

Mantan direktur lembaga think-tank pertahanan RUSI Profesor Michael Clarke mengatakan, simbol-simbol itu kemungkinan terkait dengan lokasi geografis di mana tank-tank tersebut dikerahkan.

"Sering kali simbol-simbol ini berbasis lokasi, untuk berkomunikasi ke mana sebuah unit menuju. Kalau mereka hanya ingin menandai kendaraan sebagai milik Rusia, satu simbol saja sudah cukup," terangnya dikutip dari Sky News, Kamis (24/2/2022).

"Fakta bahwa simbol-simbol itu berbeda juga banyak artinya, itu mungkin tanda unit mana yang menuju ke timur laut atau barat laut suatu distrik, misalnya."

Sementara itu, Ruslan Leviev dari Conflict Intelligence Team menerangkan di Twitter, teori terkuat baginya adalah simbol Z membantu pesawat mengidentifikasi sekutu atau musuh saat melakukan pemboman.

"Beberapa percaya ini sinyal ke pesawat mereka sendiri, jadi mereka tidak dibom," ungkapnya dikutip dari Marca.

Baca juga: Rusia Mulai Rasakan Parahnya Dampak Sanksi dan Boikot atas Serangan ke Ukraina

Profesor Clarke melanjutkan, penggunakan jenis simbol biasa terjadi dalam perang, dan hanya digunakan sebentar jika lawan mulai menirunya.

Amerika Serikat sempat menggunakan simbol chevron (panah ke atas) untuk menandakan pasukannya dalam Perang Irak 2003.

Variasi simbol di tank Rusia

Apa arti simbol huruf Z yang ada di tank dan kendaraan militer Rusia yang menyerang Ukraina? Berikut penjelasannyaen.as.com Apa arti simbol huruf Z yang ada di tank dan kendaraan militer Rusia yang menyerang Ukraina? Berikut penjelasannya
Dalam laporan AS, tanda Z di tank Rusia juga bervariasi. Ada yang dibingkai dalam persegi, persegi panjang, atau segitiga.

Salah satu teori mengapa dibuat sedemikian rupa adalah untuk mencegah insiden salah tembak teman sendiri, karena Rusia dan Ukraina menggunakan tank yang sama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com