Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Satelit yang Tunjukkan Rusia Sedang Kerahkan Konvoi Militer Besar di Utara Kiev

Kompas.com - 01/03/2022, 14:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

KIEV, KOMPAS.com – Citra satelit yang diambil Maxar Technologies (MAXR.N) pada Senin (28/2/2/2022), menunjukkan adanya konvoi militer Rusia di utara ibu kota Ukraina, Kiev.

Konvoi militer Rusia itu membentang sekitar 40 mil atau 64 km atau jauh lebih panjang dari yang dilaporkan di hari sebelumnya sepanjang 17 mil atau sekitar 27 km.

Dikutip dari Reuters, Maxar Technologies juga mengatakan pengerahan pasukan darat tambahan dan unit helikopter serang darat terlihat di Belarus selatan, kurang dari 20 mil atau 32 km di utara perbatasan Ukraina.

Baca juga: Dialog Perdana Rusia-Ukraina di Perbatasan Belarus Berakhir Tanpa Terobosan yang Jelas

Perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) tersebut menyatakan konvoi kali ini menutupi seluruh bentangan jalan dari bandara Antonov sekitar 18 mil atau 29 km dari Kiev ke Kota Prybirsk yang jaraknya sekitar 40 mil.

Gambar satelit menunjukkan ujung selatan truk artileri penarik lapis baja sedang berkonvoi di timur bandara Antonov, Ukraina, Senin (28/2/2022).Citra satelit 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS Gambar satelit menunjukkan ujung selatan truk artileri penarik lapis baja sedang berkonvoi di timur bandara Antonov, Ukraina, Senin (28/2/2022).

Konvoi kendaraan militer Rusia itu terdiri atas kendaraan-kendaraan lapis baja, tank, artileri, dan kendaraan logistik.

Maxar Technologies diketahui terus memperbarui informasinya tekait kondisi perang Rusia Ukraina dengan menganalisis citra satelit tambahan yang dikumpulkan secara berkala.

Baca juga: Kerjasama Rusia dan AS di Stasiun Luar Angkasa, Akankah Berakhir Menyusul Krisis Ukraina?

Misalnya saja, pada Selasa (22/2/2022), Maxar Technologies merilis citra satelit yang menunjukkan pengerahan lebih banyak pasukan Rusia di Belarus selatan, dekat perbatasan Ukraina.

Maxar Technologies telah melacak penumpukan pasukan Rusia selama berpekan-pekan.

Kendati demikian, gambar tersebut memang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Gambar satelit menunjukkan peralatan pasukan darat dan konvoi militer Rusia di Khilchikha, Belarus, pada Senin (28/2/2022).Citra satelit 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS Gambar satelit menunjukkan peralatan pasukan darat dan konvoi militer Rusia di Khilchikha, Belarus, pada Senin (28/2/2022).

Maxar Technologies melaporkan, penambahan pasukan pada Selasa pekan lalu meliputi lebih dari 100 kendaraan militer dan puluhan tenda pasukan.

Gambar-gambar itu juga menunjukkan sebuah rumah sakit lapangan baru telah ditambahkan ke garnisun militer di Rusia barat dekat perbatasan dengan Ukraina.

Maxar Technologies saat itu menambahkan, pengangkut alat berat, yang digunakan untuk memindahkan tank, artileri, dan alat berat lainnya, juga terlihat di Rusia barat dekat perbatasan Ukraina.

Baca juga: Yang Dikatakan Ukraina dan Rusia Jelang Dialog di Perbatasan Belarus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com