Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Paling Nyaman untuk Ditinggali

Kompas.com - 11/12/2021, 10:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber CNBC

MUNICH, KOMPAS.com – Beberapa negara paling nyaman untuk ditinggali di dunia salah satunya bisa diketahui dengan melihat sudut pandang dari ekspatriat atau orang yang tinggal di negara lain.

InterNations, komunitas ekspatriat global pada tahun ini melakukan survei bertajuk Expat Insider terhadap lebih dari 12.000 orang.

Survei ini dilakukan untuk menangkap betapa bahagianya ekspatriat tinggal dan bekerja di luar negeri pada 2021.

Baca juga: 10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Karena telah memasuki masa pandemi Covid-19, InterNations saat melakukan survei turut menangkap pengalaman-pengalaman para ekspratriat dalam mengahadapi situasi sulit wabah virus corona.

Bagaimanapun, pandemi Covid-19 jelas berdampak pada kehidupan banyak masyarakat di seluruh dunia.

Tetapi, masing-masing orang bisa merasakan situasi yang berbeda tergantung di mana mereka tinggal dan respons lokal terhadap upaya pencegahan.

Sejak diluncurkan pada 2014, InterNations diketahui setiap tahunnya terus melakukan survei ekspatriat di seluruh dunia.

InterNations merupakan jaringan ekspatriat yang berbasis di Munich, Jerman dengan memiliki sekitar 4 juta anggota.

Negara paling nyaman untuk ditinggali

Dilansir dari CNBC, Selasa (18/5/2021), berdasarkan hasil survei InterNations, Taiwan menempati urutan pertama sebagai negara paling nyaman untuk ditinggali pada 2021 menurut pengakuan para ekspatriat.

Ekspatriat yang tinggal di Taiwan dilaporkan paling bahagia di berbagai faktor, termasuk kualitas hidup, prospek karir, kemudahan menetap, dan kepuasan dengan kehidupan di luar negeri secara umum.

Baca juga: 4 Negara Sekitar Indonesia Umumkan Kasus Varian Omicron, Terbaru Malaysia dan Singapura

Ibu kota Taiwan Taipei telah diakui selama beberapa tahun terakhir sebagai kota teratas bagi ekspatriat untuk ditinggali.

Taipe mendapat nilai sangat tinggi untuk transportasi lokal yang efisien, perawatan kesehatan yang tersedia dan terjangkau, serta penduduk yang ramah.

Berbagai hal tersebut, menurut ekspatriat bisa membantu mereka merasa lebih mapan dalam menjalani kehidupan baru di luar negeri.

Beberapa negara-negara lain yang dilaporkan di awal pandemi dengan berani mengambil kebijakan tegas untuk melawan penyebaran virus corona, seperti Selandia Baru, Australia, dan Vietnam juga masuk 10 besar negara yang paling nyaman untuk ditinggali.

Selain Taiwan dan Selandia Baru, ekspatriat di Qatar dilaporkan paling puas dengan komunikasi resmi yang mereka terima dari para pemimpin dan otoritas kesehatan tentang Covid-19 sebagai pandemi yang berkembang selama setahun terakhir.

Baca juga: WHO: Varian Omicron Telah Menyebar di 38 Negara, Tapi Tidak Ada Kematian Karenanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com