Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Cari KRI Nanggala-402, Singapura Kerahkan Kapal Penyelamat MV Swift Rescue

Kompas.com - 22/04/2021, 11:54 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

 

SINGAPURA, KOMPAS.com – Singapura membantu pencarian kapal selam TNI Angkatan Laut KRI Nanggala-402 dengan mengerahkan kapal penyelamat kapal selam.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen menulis di Facebook bahwa kapal penyelamat bernama MV Swift Rescue itu dikerahkan pada Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Australia Nyatakan Siap Bantu Indonesia Mencari Kapal Selam KRI Nanggala-402

"MV Swift Rescue milik Angkatan Laut Republik Singapura, kapal penyelamat kapal selam kami, diberangkatkan secepatnya kemarin (Rabu) sore,” kata Ng Eng Hen.

Dia menambahkan, kapal tersebut segera dikerahkan setelah Panglima Angkatan Laut Singapura mendapat permintaan bantuan dari Indonesia sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (22/4/2021).

"Lokasi operasi pencarian (KRI Nanggala-402), dekat Bali, lebih dari 1.500 kilometer jauhnya dan perairannya dalam, itulah sebabnya MV Swift Rescue segera berlayar secepat mungkin,” sambung Ng Eng Hen.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Australia juga siap membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402, yang hilang kontak di perairan utara pulau Bali.

Baca juga: KRI Nanggala-402 Hilang Turut Diwartakan Media Asing

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menyatakan, Australia akan membantu dengan cara apa pun yang mereka bisa.

“Kami jelas sangat prihatin dengan laporan ini. Ini sangat meresahkan keluarga dan khususnya bagi TNI AL,” kata Payne kepada ABC News.

Dia menambahkan, Australia akan mendukung Indonesia dengan cara apa pun yang mereka bisa.

“Kami mengoperasikan kapal selam yang sangat berbeda dari yang satu ini, tetapi Angkatan Pertahanan Australia dan organisasi Pertahanan Australia akan bekerja dengan operasi pertahanan di Indonesia untuk menentukan apa yang mungkin dapat kami lakukan,” kata Payne.

Baca juga: KRI Nanggala Hilang Kontak, Berikut Insiden Melibatkan Kapal Selam 6 Tahun Terakhir

Kapal Selam KRI Nanggala-402 hilang kontak sejak Rabu sekitar pukul 03.00 Wita.

Satu dari lima kapal selama yang dimiliki Indonesia itu dilaporkan hilang saat berada di perairan sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali.

Hilangnya Kapal Selam Nanggala-402 dibenarkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Saat hilang, Kapal Selam KRI Nanggala-402 membawa 53 orang. Kapal selam itu diduga berada di berada di palung di kedalaman 700 meter laut Bali.

Baca juga: Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com