Kompas.com - 22/04/2021, 11:11 WIB
Foto yang dirilis organisasi kemanusiaan Free Burma Rangers menunjukkan warga desa Karen mengungsi ke hutan karena serangan udara di area Deh Bu Noh, Distrik Papun, pada 28 Maret 2021. Free Burma Rangers via APFoto yang dirilis organisasi kemanusiaan Free Burma Rangers menunjukkan warga desa Karen mengungsi ke hutan karena serangan udara di area Deh Bu Noh, Distrik Papun, pada 28 Maret 2021.

NAYPYIDAW, KOMPAS.com – Kerawanan bahan pangan meningkat tajam di Myanmar akibat kudeta militer dan krisis ekonomi yang semain mendalam.

Kerawanan itu berpotensi membuat jutaan rakyat Myanmar mengalami kelaparan dalam beberapa bulan mendatang.

Laporan itu disampaikan oleh Program Pangan Dunia (WFP) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (22/4/2021) sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Myanmar: Apa yang Bisa Diharapkan dari Pertemuan Pemimpin ASEAN

Sekitar 3,4 juta rakyat Myanmar diprediksi kesulitan membeli makanan dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

Daerah perkotaan akan menjadi daerah yang paling parah terdampak karena lapangan pekerjaan di bidang manufaktur, konstruksi, dan jasa menghilang.

Kondisi di perkotaan akan semakin parah karena harga pangan terus melambung tinggi sebagaimana analisis dari WFP.

"Semakin banyak orang miskin kehilangan pekerjaan dan tidak mampu membeli makanan," kata Direktur WFP di Negara Myanmar Stephen Anderson.

Baca juga: Junta Militer Myanmar Bertindak Brutal, Hampir 250.000 Orang Mengungsi

"Respons bersama diperlukan sekarang untuk meringankan penderitaan segera, dan untuk mencegah kemerosotan yang mengkhawatirkan dalam keamanan pangan," sambung Anderson.

WFP mengatakan, harga beras dan minyak goreng di pasaran telah naik masing-masing sebesar 5 persen dan 18 persen sejak akhir Februari.

Para keluarga di Yangon terkadang melewatkan makan, makan makanan yang kurang bergizi, dan berutang.

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X