Australia Nyatakan Siap Bantu Indonesia Mencari Kapal Selam KRI Nanggala-402

Kompas.com - 22/04/2021, 06:25 WIB
Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu. CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONOKapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menyatakan Australia siap membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402, yang hilang kontak di perairan utara pulau Bali.

Kapal selam buatan Jerman tersebut, dilaporkan sebelumnya sedang melakukan latihan torpedo di perairan itu, tetapi gagal menyampaikan hasil seperti yang diharapkan.

“Kami jelas sangat prihatin dengan laporan ini. Ini sangat meresahkan keluarga dan khususnya bagi TNI AL,” kata Payne kepada ABC News pada Kamis (22/4/2021).

Baca juga: KRI Nanggala-402 Hilang Turut Diwartakan Media Asing

"Kami telah mengindikasikan bahwa kami akan membantu dengan cara apa pun yang kami bisa. Kami mengoperasikan kapal selam yang sangat berbeda dari yang satu ini, tetapi Angkatan Pertahanan Australia dan organisasi Pertahanan Australia akan bekerja dengan operasi pertahanan di Indonesia untuk menentukan apa yang mungkin dapat kami lakukan.”

"Kami akan mendukung (negara) tetangga kami dengan cara apa pun yang kami bisa."

Senator Australia Rex Patrick, mantan prajurit kapal selam, mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam. Tetapi mengatakan dia yakin masih ada harapan.

"Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi dalam situasi ini. Saya berharap yang terbaik pada teman-teman Indonesia kita, dalam upaya mereka untuk segera menemukan kapal selam itu,” kata Senator Patrick.

“Saya tahu bahwa RAN dan RAAF akan menawarkan semua dukungan yang tersedia untuk membantu Angkatan Laut Indonesia."

"Ini adalah pengingat mengerikan tentang betapa berbahayanya layanan kapal selam".

Departemen pertahanan Singapura tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca juga: KRI Nanggala Hilang Kontak, Berikut Insiden Melibatkan Kapal Selam 6 Tahun Terakhir

Halaman:

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X