Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larang Calon Istrinya Pakai Gaun Putih Saat Pernikahan karena Sudah "Tak Perawan", Pria Ini Dihujat Netizen

Kompas.com - 12/12/2020, 19:46 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 32 tahun tanpa asal dan tempat peristiwa yang jelas, dikabarkan melarang tunangannya untuk tidak memakai gaun pengantin berwarna putih karena menganggap calon istrinya sudah "tidak perawan".

Melansir Daily Mirror, Kamis (10/12/2020) pria yang tak disebutkan namanya dan mengaku berasal dari keluarga agamis itu menjelaskan bahwa wanita "yang sudah tidak perawan" tidak diperbolehkan memakai gaun pengantin berwarna putih.

Hal itu membuat calon istrinya itu marah. Pria itu lalu menanyakan kepada netizen di Reddit mengapa perbuatannya itu membuat calon istrinya marah.

Baca juga: Beli Gaun Pernikahan Secara Online, Calon Pengantin Ini Kecele

Melalui situs web tersebut, pria itu menulis, "Jadi, saya dan calon istri saya akan berencana menikah dalam beberapa bulan.

Saya berasal dari kalangan agamis dengan keyakinan Kristen yang kuat, dan salah satu tradisi keluarga saya adalah bahwa jika seorang wanita yang sudah tidak perawan ingin menikah, dia tidak boleh memakai gaun pengantin berwarna putih di hari pernikahan."

Ucapan pria itu memicu perdebatan dan kemarahan di media daring.

Baca juga: Datang ke Pernikahan Pakai Gaun Lingerie Merah, Wanita Ini Bikin Geger

Pria itu melanjutkan curahan hatinya, dia menulis, "Keluarga saya tahu bahwa calon istri saya sudah tidak perawan ketika saya mulai berkencan dengannya karena ibu saya bertanya soal itu. Saya jujur kepada ibu saya bahwa dia sebelumnya sudah punya beberapa pacar sebelum bertemu dengan saya."

Pria itu lalu meminta kepada calon istrinya untuk memakai gaun pengantin berwarna selain putih, dan calon istrinya marah besar.

"Calon istri saya kecewa mendengar permintaan saya kepadanya untuk memakai gaun pengantin berwarna selain putih namun pada akhirnya dia setuju, jadi kami mulai mengincar gaun berwarna biru berkilau."

Baca juga: Pengantin Baru Ngambek Cuma Dikado Handuk Saat Pernikahan

Namun kini calon istrinya itu berubah pikiran.

"Tapi kemudian dia berubah pikiran dan mengatakan tidak mau menikah dengan saya karena merasa dipermalukan dengan semua situasi ini, tapi saya rasa itu semua bukan masalah besar."

Karena pria itu merasa bingung, dia menanyakan kepada netizen di mana letak kesalahannya dan netizen pun banyak memberinya "wejangan" dan ada juga yang menghujatnya.

Baca juga: Mengaku Istri Sah, Wanita Ini Datangi Pesta Pernikahan dan Marah-marah

Salah seorang berpendapat, "Ini memuakkan, saya tidak percaya kekasih Anda masih mau bersama Anda setelah semua itu."

Yang lainnya menjelaskan, "Itu bukan tradisi Kristen maupun tradisi modern. Tidak ada "warna Kristen" untuk keperawanan dalam pernikahan atau hal lain. Dalam injil, wanita yang belum menikah atau perawan memakai gaun berwarna apa saja."

"Sampai awal abad ke-20, biru adalah warna kesucian 'tradisional', dan pernikahan umumnya diadakan dengan orang-orang yang mengenakan pakaian terbaik mereka. Putih menjadi mode karena gaun putih Ratu Victoria," timpal netizen lain.

Seorang lainnya menulis, "Saya pikir Anda telah berpendapat buruk tentang calon istri Anda dan mempermalukannya, Anda harus membantunya dengan memutuskan hubungan Anda dengannya sekarang."

Baca juga: Inspirasi Gaun Pernikahan Terindah yang Dipakai Para Artis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com