Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Diduga Pasien Covid-19 Meninggal di Toilet Rumah Sakit saat Menunggu Giliran Tes

Kompas.com - 15/11/2020, 20:39 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

NAPOLI, KOMPAS.com - Seorang pria ditemukan tewas di toilet sebuah rumah sakit rujukan Covid-19 di Italia oleh seseorang yang sedang berjalan sambil merekam bangsal-bangsal yang padat pasien.

Pria itu diyakini penderita virus corona yang telah menunggu tes di ruang tunggu unit gawat darurat yang penuh sesak di Rumah Sakit Cardarelli di Napoli.

Seorang pria bernama Rosario Lamonica, saat itu sedang berjalan-jalan menyusuri bangsal sambil merekam situasi ramai rumah sakit.

Seperti yang dilansir dari The Sun pada Jumat (13/11/2020), tiba-tiba ia mendengar suara keras berkata, "Pria ini sudah meninggal, ini Rumah Sakit Cardarelli. Kami berada di bagian gawat darurat."

Baca juga: Lewandowski Penasihat Trump Positif Corona, Klaster Gedung Putih Bertambah

Ia kemudian mengarahkan kameranya ke pasien yang meninggal itu, dan berkata, "Pria ini dalam kondisi kotor dengan kotorannya sendiri, kami tidak tahu apakah dia masih hidup atau tidak."

Lamonica mengatakan dia merekam momen itu agar orang bisa melihat apa yang sedang terjadi.

Dia mengatakan kepada agen pers Italia ANSA, "Ketika saya meminta bantuan, tidak ada yang mendengarkan saya, ada juga yang mengatakan kepada saya 'urus urusanmu sendiri'."

Pria berusia 30 tahun itu telah berada di rumah sakit selama 2 hari setelah dinyatakan positif Covid-19 dan mengalami masalah pernapasan.

Dia menambahkan, "Orang itu (orang meninggal) bersamaku di kamar (pemeriksaan), bersama dengan orang tua lainnya.

Baca juga: 5 Fakta Pemusnahan 17 Juta Cerpelai di Denmark, karena Mutasi Virus Corona

Tak terkendali

Menteri Luar Negeri Luigi Di Maio, yang berasal dari wilayah tersebut, mengatakan pada Jumat, "Situasi di Napoli dan di banyak daerah di Campania di luar kendali...pemerintah pusat perlu turun tangan karena tidak ada waktu yang tersisa."

Dari video tersebut, Di Maio menulis di Facebook, "Video pasien yang ditemukan tewas di kamar mandi Rumah Sakit Cardarelli mengejutkan."

“Kehidupan dan hak atas kesehatan setiap warga negara adalah prioritas yang harus dilindungi di atas segalanya. Jika pemerintah daerah gagal melakukannya, negara bagian harus melakukannya," lanjutnya.

"Saya diam sampai sekarang untuk menghormati semua institusi, tetapi sekarang kita harus segera turun tangan terutama di selatan, yang berisiko semakin parah," ucapnya.

Baca juga: Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Rumania Kebakaran dan Tewaskan 10 Orang

Pejabat kesehatan mengatakan mereka sedang menyelidiki kematian tersebut. Sementara, Di Maio mengatakan ini hanyalah insiden mengejutkan terbaru yang dia dengar dalam beberapa hari terakhir dari Campania.

Lebih jauh ke selatan, di pulau Sisilia, wali kota Palermo memperingatkan pada Senin, bahwa wilayahnya menghadapi "pembantaian yang tak terhindarkan" saat infeksi virus corona meningkat di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com