Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Mewah Jadi Bukti Kim Jong Un Berada di Kota Wonsan

Kompas.com - 30/04/2020, 17:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

PYONGYANG, KOMPAS.com - Citra satelit yang memperlihatkan sebuah kapal mewah menjadi bukti Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berada di kota Wonsan.

Gambar mengenai kapal yang digunakan Kim dan rombongannya menjadi kabar terbaru di tengah spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

Kim Jong Un tidak terlihat di hadapan publik sejak 11 April, atau selepas memimpin pertemuan anggota Dewan Politbiro Partai Buruh.

Baca juga: Kim Jong Un Disebut Bersembunyi karena Pengawalnya Diduga Terinfeksi Virus Corona

Keberadaannya menjadi misteri setelah dia absen dalam Hari Matahari, perayaan ulang tahun mendiang kakek sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, pada 15 April.

NK Pro, situs yang memantau Korut, melaporkan kapal mewah yang sering digunakan sang pemimpin itu terlihat di Wonsan berdasarkan citra satelit.

Situs itu memaparkan, kapal tersebut membuat pergerakan yang tidak biasa ketika Pyongyang menggelar tes senjata pada 14 April.

Gambar itu muncul setelah lembaga think tank asal AS, 38North, menyatakan bahwa kereta yang diduga ditumpangi Kim juga berada di Wonsan.

Baik pemerintah Korea Selatan dan AS menyatakan, kemungkinan Kim bersembunyi di sana karena salah satu penjaganya terpapar virus corona.

Kedua negara juga mengaku skeptis dengan pemberitaan sejumlah media yang mengklaim Kim Jong Un berada dalam kondisi serius.

Para pejabat menerangkan baik lokasi maupun kesehatan Kim dijaga ketat oleh Pyongyang, di mana memperoleh informasinya bakal sangat sulit.

Lokasi resor tempat Kim diduga berada ditandai dengan vila untuk tamu, pantai pribadi, lapangan basket, dan stasiun kereta.

Sebuah landasan pacu diratakan pada tahun lalu untuk membangun jalur berkuda, dengan rumah perahu juga dibangun di kota pesisir timur tersebut.

Baca juga: Kim Jong Un Mungkin Sembunyi karena Covid-19, Menteri Korsel Beberkan Temuannya

Rumah itu untuk menampung kapal mewah Kim's Princess 95, yang diyakini bernilai sekitar 7 juta dollar AS, atau sekitar Rp 104,4 miliar.

"Resor itu adalah salah satu tempat favoritnya," kata Michael Madden, pakar Korea Utara dari organisasi Stimson Center asal AS dikutip Sky News Rabu (29/4/2020).

Madden membandingkan kesukaan Kim terhadap kota itu sama seperti kecintaan Presiden AS Donald Yrump akan resornya di Mar-a-Lago, Florida.

Dia menerangkan, Kim dipercaya mempunyai 13 lokasi persembunyian di seluruh Korut, meski dia yakin, sang pemimpin hanya menggunakan setengahnya.

Madden menjelaskan, seluruh tempat itu berfungsi sebagai markas besar. "Jadi tempat itu begitu lengkap jika Kim sewaktu-waktu berada di sana," kata dia.

Dalam pandangan Madden, fasilitas di Wonsan merupakan salah satu yang terbesar dan lemgkap. Selain itu, lokasinya memudahkan pergerakan Kim.

Tempat itu membuat Kim bisa segera kembali ke Pyongyang dengan kereta, atau menggunakan jalan raya khusus bagi Keluarga Kim dan para pejabatnya.

Baca juga: Menteri Unifikasi Korsel Sebut Rumor Kesehatan Kim Jong Un: Fenomena Infodemik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com