Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Latte Art, Bikin Kopi Kekinian Ala Barista

Kompas.com - 25/05/2024, 10:34 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila mampir ke kafe kekinian dan memesan secangkir latte, kamu tentu akan mendapati kopi disajikan dengan hiasan berupa gambar menarik di bagian atas kopi. Hiasan tersebut akrab disebut dengan latte art.

Segelas latte umumnya dibuat dari campuran espresso dan susu. Selain rasanya yang enak, ukiran di bagian atas ini pula yang menjadi daya tarik para konsumen latte.

Menurut Fitra, Barita Trainer di Barista Indonesia yang Kompas.com temui saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024, pada Jumat (24/5/2024), butuh waktu untuk berlatih supaya bisa mahir membuat latte art.

Cara membuat latte art ala barista

Kompas.com berkesempatan ikut kelas membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024, dan berikut beberapa hal yang perlu dilakukan bila ingin membuat latte art ala barista.

Baca juga: Resep Es Kopi Latte ala Kafe Kekinian, Hanya Butuh 4 Bahan

1. Siapkan bahan

Menurut penjelasan Fitra, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat latte art yaitu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Proses membuat espresso untuk latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024, Emporium Mall Pluit, Jumat (24/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Proses membuat espresso untuk latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024, Emporium Mall Pluit, Jumat (24/5/2024).

Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan meliputi biji kopi, susu cair, mesin pembuat kopi, dan gelas yang digunakan untuk membuat latte art.

Pastikan semua komponen dalam keadaan bersih supaya tidak mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.

2. Steam susu

Pada tahap ini tuang susu cair ke dalam gelas khusus untuk membuat latte art. Takarannya menyesuaikan dengan garis yang ada di bagian dalam gelas. Setelah itu, steam susu menggunakan mesin kopi.

Proses steam susu untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Mall Pluit, Jumat (24/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Proses steam susu untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Mall Pluit, Jumat (24/5/2024).

Pada saat steam kopi, gelas susu dimiringkan dan usahakan busa yang dihasilkan tampak halus. Durasi steam menyesuaikan dengan rasa panas yang dirasakan oleh tangan.

“Steam sampai cukup panas di tangan, rata-rata toleransi tangan terhadap panas, bisa tahan sampai suhu 70 derajat Celsius,” kata Fitra saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Minum Latte Setiap Hari

Sembari susu disteam, siapkan espresso dari mesin kopi. Espresso yang dibuat harus diolah dari biji kopi, dan tidak bisa pakai bubuk espresso instan.

3. Membuat latte art

Usai susu di-steam, selanjutnya hentakkan gelas berisi susu ke meja sembari diputar untuk menghilangkan gelembung berukuran besar pada susu. Semakin halus busa yang dihasilkan, maka latte art yang dihasilkan akan semakin bagus.

Proses menuang susu pada espresso untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Pluit Mall, Jumat (24/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Proses menuang susu pada espresso untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Pluit Mall, Jumat (24/5/2024).

Setelah itu tuang susu ke dalam gelas berisi espresso hingga tiga per empat bagian gelas. Kemudian, turunkan foam susu perlahan dengan menukik gelas susu lebih tinggi, sehingga yang turun ke dalam gelas bukanlah susu, melainkan hanya busanya saja.

Biarkan foam membentuk seperti bulatan, kemudian arahkan foam membelah lingkaran sehingga membentuk gambar hati.

Baca juga: 3 Kesalahan Membuat Foam Milk, Bikin Latte Art Gagal

Kata Fitra, jangan ragu saat menuang susu dan foam supaya hasil akhir latte art terlihat lebih bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com