Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2023, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Baking soda atau natrium bikarbonat adalah salah satu bahan dapur yang punya seribu fungsi. Baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat aneka kue dan roti yang dipanggang.

Namun juga bisa digunakan untuk bahan pembersih aneka peralatan masak atau makan di dapur. Dilansir dari laman Simply Recipes, baking soda memiliki pH 9,5 yang bisa beraksi dengan bahan asam kemudian menghasilkan karbon dioksida.

Baking soda mudah ditemui termasuk di toko roti. Dalam setiap penjualannya, baking soda bisa dibeli dalam kemasan dengan beragam ukuran.

Jika kamu memiliki baking soda di rumah, sebaiknya ketahui mengenai apakah baking soda bisa basi, berikut ini.

Baca juga:

Apakah baking soda bisa basi?

Dilansir dari laman The Spruce Eats, baking soda masih bisa digunakan walau sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Hanya saja, mungkin sifat dan manfaatnya bisa berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun secara umum, baking soda tahan hingga dua tahun dalam kemasan yang belum dibuka dan enam bulan untuk kemasan yang sudah dibuka.

Walau nantinya, baking soda tidak bisa mengeluarkan ragi lebih banyak tetapi aman digunakan. Berbeda dengan baking powder, baking soda membutuhkan asam untuk mengaktifkannya.

Jika baking soda menyerap uap air maka penggelembungannya tidak akan bereaksi pada adonan. Oleh karena itu, baking soda bisa saja menjadi basi dan tidak bisa digunakan, jika terkena kelembaban.

Ditambahkan dari laman Real Simple, baking soda basi biasanya memiliki perubahan warna dan bau sehingga tidak bisa digunakan untuk mengembangkan aneka adonan.

Cara cek baking soda aktif

Jika kamu ragu dengan baking soda yang ada di dapur rumah, ada cara cek baking soda masih aktif atau tidak.

Caranya adalah masukkan satu sendok baking soda bubuk dalam mangku, tambah dengan sedikit cuka atau air perasan lemon.

Aduk hingga bahan tercampur, jika ada suara berdesis keras itu artinya baking soda dalam keadaan masih bagus.

Jika tidak ada suara berdesis dan berbusa, bisa jadi baking soda sudah basi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com