Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Fresh Graduate Siap Mengajar? Universitas Terbuka Buka Prodi Baru

Kompas.com - 27/05/2024, 21:14 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45 memiliki peranan yang sangat vital dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. 

Salah satu pencapaian UT sebagai institusi penyelenggara pendidikan formal adalah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2022 pada 20 Oktober 2022. 

Transformasi pesat yang dicapai UT tersebut menjadi tantangan dan peluang tersendiri untuk terus dengan konsisten meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan.

UT mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pada sumber daya manusia (SDM) yang berperan aktif dalam memajukan kualitas pendidikan, yaitu tenaga pengajar. 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT merupakan fakultas yang memegang peranan dan komponen penting dari lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh terbesar di Indonesia. 

Baca juga: 4 Dasawarsa UT, Rektor: Jangan Sampai UKT Marjinalkan Akses Pendidikan Tinggi

FKIP UT berperan sentral dalam mengembangkan dan menyediakan program-program pendidikan dan pelatihan dalam bidang kependidikan dan ilmu pendidikan, baik calon guru, pendidik, dan pihak yang tertarik dalam pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan.

Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap dunia pendidikan, khususnya di Indonesia, FKIP UT menyediakan berbagai macam program studi (prodi).

Salah satu prodi tersebut adalah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 

Kedua prodi itu sudah menyelenggarakan Pendidikan Guru dalam jabatan (in service) dengan PGSD sejak 2002 dan PGPAUD sejak 2006.

Mengingat adanya perubahan lingkungan global, animo yang tinggi dari masyarakat, serta antisipasi ketersediaan calon guru untuk jenjang sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini, UT membuka prodi PGPAUD dan PGSD Prajabatan.

Baca juga: Jaga Kode Etik Akademik, UT Tindak Tegas Segala Bentuk Kecurangan dalam Pembelajaran

Pembukaan prodi itu berdasarkan Surat Ketua Senat Akademik Universitas Terbuka Nomor: B/13/UN31.SAU/TP.01.06/2024 tanggal 1 April 2024 perihal Persetujuan Penyelenggaraan Program Studi S1 PGSD & S1 PGPAUD Prajabatan (Pre-Service) dan melalui SK Rektor Nomor 2086 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Program Sarjana Prajabatan (Pre-Service).

Prodi S1 PGSD dan PGPAUD Pre-Service memberikan kesempatan kepada calon guru anak usia dini dan guru sekolah dasar lulusan SMA/sederajat, lulusan diploma 1/diploma 2/diploma 3/belum lulus diploma atau sarjana (jalur RPL) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang tinggi. 

Untuk diketahui, sebelumnya, pendaftaran prodi PGSD dan PGPAUD membutuhkan SK Mengajar (in service).

Namun, saat ini, UT sudah menyelenggarakan prodi PGSD dan PGPAUD tanpa mensyaratkan SK Mengajar. 

Baca juga: Gandeng BWI, UT Dorong Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi

UT berharap, terobosan tersebut menjadi jawaban konkret dari situasi dan animo yang tinggi dari masyarakat, khususnya terkait dengan dunia pendidikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com