Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kembangkan Pelayanan bagi Mahasiswa, UT Studi Banding ke AIOU, Pakistan

Kompas.com - 22/12/2023, 13:00 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar mandiri, terbuka, dan jarak jauh.

Pada 2024, UT menargetkan jumlah mahasiswa sebanyak 750.000 mahasiswa dan 1 juta mahasiswa pada 2025.

Adapun, perguruan tinggi lainnya yang menerapkan sistem belajar mandiri, terbuka, dan jarak jauh di Asia, salah satunya Allama Iqbal Open University (AIOU), Pakistan. Saat ini, AIOU berhasil mengelola 1,2 juta mahasiswa.

Dalam rangka mencari tahu bagaimana proses operasional AIOU yang mengelola mahasiswa dalam jumlah besar, UT telah mengirim sembilan delegasi ke AIOU pada 19-24 Desember 2023.

Delegasi tersebut terdiri dari Rektor UT Ojat Darojat selaku pimpinan delegasi, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UT Maman Rumanta, Direktur UT Surabaya Suparti, Direktur UT Bogor Enang Rusyana, serta Kepala Pusat Layanan Bahan Ajar Arief Rahman Susila.

Kemudian, Kepala Pusat Pengelolaan Pembelajaran Kartono, Staf Ahli Wakil Rekor Bidang Akademik Tuti Purwoningsih, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum Hendrawan Bayu Wicaksono, dan Kepala Subdirektorat Administrasi Kelulusan dan Alumni Nanang Setiawan.

Baca juga: Cara Daftar Universitas Terbuka 2024 D3-S1, Dibuka hingga Februari

Kunjungan tersebut dilakukan ke sejeumlah Direktorat AIOU, salah satunya
kantor Vice Councellor.

Selain itu dilakukan rangkaian agenda, yakni pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional sebagai bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan mahasiswa, dosen, dan pimpinan universitas mitra.

Kegiatan PkM Internasional pertama dilaksanakan di Hanoi Open University dan Open University of China pada November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang mahasiswa AIOU serta Direktur Urusan Kemahasiswaan AIOU Syed Ghulam Kazim Ali dan Direktur Hubungan Internasional AIOU Zahid Majeed.

Pada hari kedua, delegasi berkunjung ke beberapa departemen, yakni Departemen Urusan Kemahasiswaan yang disambut oleh Direktur Syed Ghulam Kazim Ali.

Departemen itu menjelaskan bahwa AIOU memiliki tingkat drop-out mahasiswa yang sangat rendah. Hal ini karena AIOU memberikan layanan pendukung yang sangat baik melalui pusat pelayanan mahasiswa dan all center yang mampu menjawab keluhan mahasiswa secara real time.

Selain itu, departemen ini memberikan bantuan dana kepada mahasiswa kurang mampu. Dana yang diberikan berasal dari partisipasi mahasiswa yang menyalurkan dana sebesar 10 rupe setiap semester. Beasiswa dan internet dapat diakses mahasiswa di Kantor Pusat AIOU dan 54 cabang daerah AIOU.

Baca juga: Pendaftaran Universitas Terbuka 2024: Jadwal dan Pilihan Prodi

Untuk diketahui, Program PKM yang dilaksanakan oleh UT memiliki tema "Discovering Indonesia: A Culture Journey". Partisipan pada program ini berasal dari berasal dari kalangan mahasiswa, dosen, dan unsur manajemen AIOU.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Komplek Akademik dan menghadirkan narasumber yang merupakan Direktur UT Bogor Enang Rusyana.

Rangkaian kegiatan lainnya dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur Pusat Bahasa Kajian Terjemahan Ghulam Ali yang membahas tentang kerja sama penerjemahan naskah dari bahasa Urdu ke bahasa Jawa dan sebaliknya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com