Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Buka Prodi Baru S1 Bisnis Digital, Cek Kuotanya

Kompas.com - 19/05/2024, 10:41 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan Program Studi (Prodi) S1 Bisnis Digital pada Kamis (16/5/2024) lalu.

Rektor ITS, Bambang Pramujati mengatakan, prodi ini merupakan salah satu sumbangsih ITS untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan bisnis secara digital.

"Harapannya, mereka akan mendapatkan pendidikan yang selaras dengan kebutuhan teknologi dunia," kata Bambang dikutip dari laman resmi ITS, Sabtu (18/5/2024).

Sementara itu, Kepala Prodi S1 Bisnis Digital ITS Lissa Rosdiana Noer menjelaskan, prodi ini berdiri sebagai solusi untuk mengembangkan kemampuan mengelola dan merancang proses transformasi ekonomi digital di bidang industri.

Baca juga: UM Buka 3 Prodi Baru Fakultas Kedokteran di SNBT 2024, Ini Kuotanya

Prodi baru ITS S1 Bisnis Digital

Hal itu dapat diwujudkan melalui empat pilar keilmuan prodi bisnis digital yakni manajemen fungsional, sistem dan teknologi digital, esensial bisnis, serta kewirausahaan dan pengembangan bisnis digital.

"Keempatnya memberikan pemahaman fundamental mengenai manajemen, analisis dan bisnis, sistem dan teknologi digital, serta pengaplikasian dalam ranah digital" ujar Lissa.

Lissa menjelaskan prodi bisnis digital akan berbeda dengan Departemen Manajemen Bisnis, karena akan menyajikan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan industri digital.

Baca juga: Jalur Mandiri Unej 2024 Dibuka 19 Juni, Cek Besaran Uang Pangkalnya

Nantinya, para mahasiswa juga akan diajak bereksplorasi dengan berbagai mata kuliah tentang teknologi digital.

"Seperti pengantar sistem digital, desain UI/UX, AI dan IoT, sistem basis data, dan lainnya," ujarnya.

Kuota prodi bisnis digital

Lissa menambahkan, prodi baru ini juga menjamin bibit muda berkualitas melalui berbagai kemampuan yang ditawarkan.

Para lulusan prodi bisnis digital diharapkan mampu merancang strategi pemasaran digital, analisis data dan pengambilan keputusan, pengembangan produk, hingga kewirausahaan.

"Sehingga nantinya para lulusan Prodi Bisnis Digital tidak hanya mahir secara teknis, tetapi juga memahami dinamika perkembangan bisnis yang tengah terjadi," ungkapnya.

Baca juga: Syarat 4 Jalur Mandiri Unair 2024, Bisa Daftar Pakai Kartu SNBP

Pada tahap awal, ITS membuka kuota mahasiswa sebanyak 50 kursi untuk prodi S1 bisnis digital dan siap mengeskalasikan kesempatan melalui kerja sama dengan berbagai mitra perguruan tinggi mancanegara untuk program double title.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com