Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Kampus 5 Magetan Buka 9 Prodi, Siap Terima Maba di Semua Jalur

Kompas.com - 30/03/2024, 10:00 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Gedung perkuliahan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kampus 5 Magetan bisa mulai digunakan untuk kegiatan perkuliahan atau serangkaian kegiatan akademik tahun 2024 ini.

Pembangunan gedung utama sudah selesai dan sekarang proses pengisian sarana penunjang.

Sebagai wujud komitmen menciptakan atmosfer akademik yang berkualitas, beberapa waktu lalu, pimpinan Unesa bersinergi dengan Pemkab Magetan, Pertamina Aviation Fuel Terminal (AFT) Iswahyudi, dan TNI-POLRI setempat menanam ribuan bibit pohon di sekitar kawasan kampus.

Termasuk masyarakat sekitar juga mendukung, sehingga dari aspek persiapan lainnya. Seperti tempat tinggal, dan keperluan lainnya puns udah mendukung.

"Kalau dari aspek pembangunan fisik atau infrastruktur sudah selesai dan tahun ini sudah bisa mulai digunakan untuk perkuliahan mahasiswa baru tahun 2024 ini," Direktur PSDKU, Prof. Dr. Sarmini, M.Hum seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (30/3/2024).

Baca juga: 3 Prodi Baru di Fakultas Kedokteran Unesa, Rencana Buka di Jalur Mandiri 2024

Unesa kampus Magetan siap terima maba di semua jalur

Kemudian dari aspek program, Unesa Kampus 5 Magetan memiliki sembilan program studi (prodi) yang sudah masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan ada 298 calon mahasiswa baru (camaba) diterima, sesuai kuota penerimaan.

Selain itu, sembilan prodi tersebut juga tengah menerima Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dan setelah itu proses seleksi jalur Mandiri.

Kampus 5 Magetan memiliki 9 prodi dengan sistem akreditasi dan pengelolaan sendiri dengan kualitas dan mutu yang sama dengan Unesa kampus utama.

Kasubdit Pengembangan Kampus di Luar Kampus Utama, Gading Gamaputra menambahkan, semangat dibalik hadirnya Unesa Kampus 5 Magetan untuk mendekatkan akses pendidikan tinggi tempat kuliah dan mengembangkan diri bagi putra-putri daerah.

Dia memastikan bahwa kualitas termasuk infrastruktur, sumber daya manusia, kurikulum hingga kegiatan akademik, dan lain sebagainya sama dengan kampus utama. Bahkan untuk tanda tangan ijazah pun nanti adalah Rektor Unesa.

Kampus 5 Magetan merupakan representasi dari Unesa Kampus Utama di Surabaya, sehingga memiliki mutu penyelenggaraan tridarma yang sama.

Baca juga: Bisa Memperlambat Rasa Lapar, Ini Rekomendasi Menu Sahur ala Dosen Unesa

9 prodi di Unesa kampus Magetan

Termasuk prodi-prodinya yang memang merupakan prodi terbaik, terfavorit, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan arah pembangunan Magetan.

"Terkait PKKMB atau program penerimaan mahasiswa baru pun Unesa Kampus 5 Megetan menyelenggarakan sendiri di kampus Magetan, karena status izin prodinya di Kampus Magetan," imbuhnya.

Sementara itu Kasubdit Implementasi Kampus di Luar Kampus Utama, Septina Alrianingrum menambahkan, Kampus 5 Magetan saat ini memiliki sembilan prodi yang merupakan unggulan dari fakultasnya masing-masing. Prodi tersebut antara lain:

  • S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK)
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  • S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • S1 Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)
  • S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)
  • S1 Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)
  • S1 Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
  • S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT)
  • S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik (FT).

Baca juga: Jalur Golden Ticket Unesa Masih Buka, Bisa Bebas UKT 8 Semester

Demikian informasi mengenai Unesa kampus Magetan yang siap menerima mahasiswa baru di semua jalur pada tahun akademik 2024/2025 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com