Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita 3 Mahasiswa Unsoed yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Kompas.com - 09/03/2024, 09:00 WIB
Risky Permana Hidayat,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman dinyatakan lulus tanpa skripsi dengan cara menghasilkan karya berupa Film Dokumenter berjudul “Gula Nipah: Budaya dan Rasa Khas Nusadadi”.

Mabdi Rizqi Rofi, Ahmad Ikbal Aziz dan Anggi Fahreza Yulianti, merupakan mahasiswa tingkat akhir yang menyelesaikan masa studi komunikasi di Unsoed tanpa skripsi berupa karya film dokumenter dengan awal pengajuan tim tugas akhir pada tanggal 26 Oktober 2023.

Karya Film dokumenter yang mereka Produksi hanya memakan waktu 2 hari, dengan masa produksi pada 27-28 Desember 2023, dengan hasil akhir film dokumenter berdurasi 22 menit 43 detik.

Baca juga: Sosok Arya, Jadi Lulusan Terbaik Unsoed Tanpa Skripsi, Raih IPK 3,99

Mengambil non-skripsi berupa karya film dokumenter

Dibalik kelulusan non-skripsi, ketiganya memiliki cerita dan pertimbangan yang berat untuk memilih lulus tanpa skripsi.

Awalnya, mereka bertiga sedang bimbingan skripsi bab 1-3, namun dosen pembimbing menawarkan untuk non skripsi membuat sebuah karya, dari hal inilah terciptanya rasa satu kesatuan menjadi tim untuk mendorong menciptakan sebuah karya film dokumenter.

Alasan mereka mengambil tema Film Dokumenter Gula Nipah Nusadadi adalah tergeraknya untuk mengangkat tema sejarah, budaya, dan potensi sumber daya alam di wilayah selatan Kabupaten Banyumas, yaitu potensi sumber daya alam Gula Nipah.

“Kami memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh program studi dan Universitas, kesempatan untuk lulus tanpa skripsi dengan penciptaan karya menarik perhatian kami dan kami rasa sesuai dengan minat kami sebagai mahasiswa ilmu komunikasi yang lebih menyukai praktik dibandingkan dengan hal hal teoritis,” ujar Mabdi.

Baca juga: Cerita 7 Mahasiswa yang Berhasil Lulus Tanpa Skripsi

Mereka yakin bahwa karya yang dihasilkan memiliki keunikan, sebab karya ini menjadi karya pertama non skripsi dari program studi Ilmu Komunikasi Unsoed, belum ada karya lain yang mengangkat mengenai Nipah yang ada di Desa Nusadadi.

Kendala yang dihadapi 

Dibalik mendapatkan predikat lulus tanpa skripsi berupa hasil karya Film Dokumenter pertama, Mabdi dan tim memiliki kendala dalam proses pengerjaan Film Dokumenter.

“Kendala yang kami rasakan saat pembuatan film dokumenter ini adalah pertama menyusun TA non skripsi pertama, kedua akses jalan menuju lokasi yang sulit harus melewati jalan tanah dan pembangunan irigasi sungai, ketiga jarak antara kampus dan lokasi sekitar 41 km sangat jauh, keempat pergantian musim kemarau dan hujan dan terakhir adanya perubahan narasumber," imbuh Mabdi.

Baca juga: Bisakah Lulus Sarjana Tanpa Skripsi? Calon Mahasiswa Cek Jawabannya

Dengan adanya Karya Film Dokumenter ini, ketiga mahasiswa berharap dapat membangkitkan pemikiran-pemikiran bagi potensi nipah, mengingat dalam film dokumenter ada banyak sekali potensi nipah selain sebagai produk Gula Nipah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com