Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 2 Jalur Pendaftaran Polteknaker 2024, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 03/03/2024, 15:26 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) kembali membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024/2025.

Siswa yang tertarik mendaftar di Polteknaker 2024 perlu tahu apa saja jalur yang sedang dibuka dan persyaratannya.

Sebagai Perguruan Tinggi Vokasi di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan, Polteknaker memberi beasiswa pendidikan 100 persen gratis bagi para mahasiswa yang lolos seleksi.

"Melalui PMB tahun ini, Kemnaker kembali membuktikan komitmennya dalam mencetak SDM sektor ketenagakerjaan yang berkualitas di Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker seperti dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Minggu (3/3/2024).

Baca juga: 5 Beasiswa ke Luar Negeri Fully Funded Tanpa Syarat Pengalaman Kerja

Anwar menerangkan, seleksi PMB Polteknaker 2024 dibuka melalui dua jalur, yaitu:

1. Seleksi Berdasarkan Prestasi (SBP) yang pendaftaran sudah berlangsung sejak 14 Februari hingga 9 April 2024. 

2. Seleksi Berdasarkan Tes (SBT).

Sedangkan jalur penerimaan mahasiswa baru Polteknaker yang kedua baru dibuka 1 Maret hingga 27 Juni 2024.

Menurut Anwar, sama seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan SBP bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat Universitas Negeri Malang, Referensi Ikut SNBT 2024

Selain itu juga sebagai bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi dalam bidang akademik dan/atau non-akademik, yaitu karya ilmiah/inovasi/teknologi, olahraga, dan seni.

Sementara pendaftaran SBT dibuka secara daring tanggal 1 Maret hingga 27 Juni 2024 melalui situs web https://polteknaker.ac.id.

Calon mahasiswa dapat memilih satu pilihan program studi sesuai peminatan dari 3 (tiga) program studi yang tersedia di Polteknaker, yaitu:

  • Diploma IV Relasi Industri (RI)
  • Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Diploma III Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).

"Penyelenggaraan SBT bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru melalui jalur seleksi yang diadakan langsung oleh Polteknaker," jelasnya.

Baca juga: Jurusan dan Syarat Daftar STIP Jakarta, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Anwar Sanusi menekankan, bahwa Polteknaker memiliki visi mnjadi Politeknik Unggul untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Mampu Menangani Bidang Ketenagakerjaan dalam Persaingan Era Global.

Melalui visi tersebut, kampus ini ingin mengimplementasikan kurikulum ber-Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam program pembelajarannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com