Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lolos SNBP 2024 di UI? Simak 5 Tips Ini

Kompas.com - 23/02/2024, 17:38 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling sering dituju oleh pelajar atau lulusan SMA atau sederajat yang ingin lanjut kuliah.

Dikutip dari laman resminya, UI adalah salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia yang fokus mengejar pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan, dan difusi pengetahuan secara regional dan global.

Baca juga: 11 PTN Punya Jurusan Kedokteran Termudah di SNBP 2024, Ada UI dan UGM

UI berdasarkan prestasinya juga berhasil menduduki peringkat kampus terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian beberapa lembaga pemeringkatan dunia.

Jika berminat masuk UI, siswa atau siswa "gap year" bisa menempuh beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru salah satunya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Pada jalur SNBP yang dibuka sampai 28 Februari 2024, calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki.

Persaingan di SNBP cukup ketat karena semua nilai siswa eligible akan bersaing untuk masuk PTN pilihan termasuk UI.

Jika ingin berhasil lolos SNBP 2024 di UI, calon mahasiswa bisa memperhatikan tips yang diberikan UI melalui akun Instagram resmi UI:

1. Pahami aturan dasar

Cari tahu informasi mengenai SNBP di kanal resmi SNBP atau kanal resmi PTN. Catat semua aturan dan jadwal pelaksanaannya.

Baca juga: UI Buka Kuota 2.105 Mahasiswa Baru pada SNBP 2024

2. Lampikan prestasi terbaik

Prestasi akan turut menambah penilaian kamu di SNBP. Jika memiliki banyak prestasi, pilih prestasi terbaik untuk kamu lalu kirim ke proses pendaftaran.

3. Analisis nilai rapor

Sesuaikan jurusan pilihan kalian dengan kemampuan. Perhatikan juga data tingkat keketatan di UI untuk mengetahui prodi dengan peluang lebih besar.

4. Persiapkan diri sebaik mungkin

Perjuangan untuk mengikuti SNBP harus dimulai dari kelas 10. Untuk itu, terus berusaha meraih nilai sebaik-baiknya agar peluang lebih besar untuk bisa diterima pada SNBP.

Baca juga: Ini Jurusan Kuliah yang Wajib Pakai Portofolio pada SNBP 2024

5. Tetap optimistis dan jangan lupa berdoa

Usaha yang diiringi dengan optimistis dan doa akan membuka peluang diterima di SNBP menjadi jauh lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com