Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kampus Terbaik di Sumatera Versi Webometrics 2024

Kompas.com - 23/02/2024, 09:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menjadi kampus nomor satu terbaik di Sumatera versi Webometrics per 22 Februari 2024.

Sedangkan di luar Pulau Jawa, USK menempati posisi kedua setelah Universitas Hasanuddin (Unhas) Makaassar. Lalu peringkat ke-13 terbaik di Indonesia.

Baca juga: Tambah 5, USK Sudah Punya 166 Guru Besar

Berdasarkan informasi itu, maka USK berada pada peringkat 1.366 dunia.

Adapun peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia saat ini, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Airlangga (Unair).

Kemudian diikuti IPB University, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Telkom University, dan USK.

"Alhamdulillah, USK berhasil menjadi kampus nomor 1 di Pulau Sumatera dan Aceh. Yang paling kita syukuri, USK sukses naik 68 peringkat dari sebelumnya posisi 81 secara nasional, dan kini ada di posisi ke-13," kata Rektor USK, Prof. Marwan seperti dilansir dari laman USK, Jumat (23/2/2024).

Perlu diketahui, Webometrics Ranking adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, yaitu sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian public terbesar di Spanyol.

Baca juga: 20 Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024, Ada 2 PTS

Lembaga ini dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif internet dan web content. Khususnya, yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Secara lebih detail tujuannya adalah mendukung inisiatif akses terbuka (open access), akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Indikator pemeringkatan web di sini, tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tapi yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas itu sendiri.

Baca juga: 4 PTN Indonesia Masuk 200 Kampus Terbaik Asia Versi Webometrics

"Sejauh ini USK terus konsisten berada di jajaran top universitas di Indonesia. Kolaborasi dan kerja keras, menjadi modal berharga bagi kami untuk terus menapaki World Class University," pungkas Rektor Marwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com