Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia Buka 8 Sekolah di Jabodetabek

Kompas.com - 06/02/2024, 13:47 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gramedia berkolaborasi dengan Sekolah Murid Merdeka (SMM) menaungi delapan SMM yang ada di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Delapan sekolah ini merupakan awal dari kolaborasi dari SMM dan Kompas Gramedia untuk membangun puluhan HUB bersama Gramedia selama tiga tahun ajaran ke depan.

"Kolaborasi ini merupakan kolaborasi untuk pendidikan, membuka akses dan merupakan praktik baik, demi meningkatnya pemahaman kontekstual melalui ribuan ragam literasi yang dimiliki oleh Gramedia," kata Founder SMM Najla Shihab di Menara Kompas, Senin (5/2/2024).

Baca juga: TNI AD Rangkul Tribun Network dan Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Literasi Digital

SMM adalah sekolah inovatif yang berfokus pada metode belajar blended learning yang mengkombinasikan praktek pendidikan konvensional atau offline dengan pendidikan berbasis digital atau online.

Saat ini SMM sudah tersebar di 42 lokasi di seluruh Indonesia mulai dari Medan hingga Bali.

Program SMM dibagi menjadi enam kategori dengan tujuan pembelajaran yang disesuaikan pada tahapan perkembangan murid seperti pengembangan diri, numerasi, literasi, sosial, sains, dan seni.

Selain kurikulum dan program kerja sama Gramedia akan memanfaatkan aset-aset properti yang ada dan diharapkan dapat mengakselerasi pemerataan pendidikan berbasis kompetensi masa depan bagi lebih banyak murid di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Vice GM Gramedia Publishers Noni Mira Timotius mengatakan, kerja sama ini terjadi karena Gramedia dan SMM memiliki tujuan yang sama.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Australia 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 733 Juta

Noni mengatakan, kolaborasi ini akan berjalan mulai tahun 2024 dan murid-murid kini bisa sekolah di SMM yang ada bersamaan dengan gedung-gedung Gramedia.

"Kami sudah ketemu visi dan tujuan yang sama. Kami sama ingin punya peran yang lebih dalam dunia pendidikan. Sudah lama kita cari partner yang kompeten dibidangnya jodoh enggak lari ke mana (bisa kolaborasi dengan SMM)," ujar Noni.

Kolaborasi antara SMM dan Gramedia ditandai dengan diselenggarakannya signing ceremony di Bentara Budaya Art Gallery - Menara Kompas Jakarta, Senin (5/2/2024) yang ditandatangani oleh Najeela Shihab dan Education and Publishing Director Gramedia Adhyaksa Ekatama.

Grand Opening Sekolah Murid Merdeka di Gedung Gramedia di beberapa lokasi yaitu BSD City, Margonda Depok, Matraman Jakarta Timur, CBD Emerald Bintaro.

Kemudian Galuh Mas Karawang, Kota Harapan Indah Bekasi, Kotabaru Yogyakarta, dan Cipto Mangunkusumo Cirebon. Grand Opening SMM di Gedung Gramedia akan dimulai pada April 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com