Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unhan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/02/2024, 14:47 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru S1 Unhan 2024 (Universitas Pertahanan) sudah dibuka dan baru akan ditutup pada 29 Februari 2024 mendatang.

Lulusan SMA/SMK yang tertarik kuliah S1 di Unhan 2024, bisa memanfaatkan masa pendaftaran ini.

Mungkin ada sebagian siswa yang bertanya, Unhan itu perguruan tinggi negeri atau swasta?

Bagi yang penasaran apakah Unhan perguruan tinggi negeri atau swasta, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Syarat Masuk Unhan 2024, Kuliah Gratis dan Lulus Berpangkat Letda

Unhan merupakan perguruan tinggi negeri

Unhan adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, sarjana, dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara.

Unhan berada di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Unhan dalam Bahasa Inggris dapat menggunakan nama "Indonesia Defence University".

Dilansir dari laman resmi Unhan, Minggu (4/2/2024) Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) atau Indonesia Defense University (IDU) ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 maret 2009 di Istana Negara.

Unhan memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Sebagai perguruan tinggi pemerintah, Universitas Pertahanan (Unhan) secara teknis akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau sekarang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan secara teknis fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan RI (Kemhan RI).

Baca juga: H-1 Pendaftaran, Ini Nilai Minimal Masuk Akmil 2024

Unhan punya prodi S1, S2 hingga S3

Pembinaan teknis akademik, meliputi penentuan program studi pendidikan, kurikulum program studi, kemahasiswaan, proses belajar mengajar dan wisuda. Sedangkan pembinaan teknis fungsional, meliputi pembinanaan organisasi, pembinaan personel dan dukungan administrasi.

Sejak berdiri tahun 2009 hingga saat ini, Unhan sudah menginjak usia ketujuh dan masih tergolong relatif muda untuk ukuran lembaga pendidikan tinggi, dan terlebih baru pertama kali berdiri di Indonesia.

Perkembangan Unhan dapat dikatakan relatif pesat, yang dimulai dengan dua sekolah yaitu Sekolah Perang Semesta dan Sekolah Manajemen Pertahanan.

Saat ini telah berkembang manjadi dua fakultas dan bahkan ke depan akan dikembangkan menjadi tiga fakultas, dengan tiga belas program studi (prodi).

Unhan dicita-citakan menjadi universitas kelas dunia. Beberapa universitas luar negeri seperti Cranfield University, National Defense University Amerika Serikat, Rajaratnam School of International Studies Singapura dan beberapa universitas di Australia dan Jerman juga turut aktif mendukung pendirian dan berjalannya proses belajar mengajar di Unhan.

Kerjasama diberikan dalam bentuk pengiriman tenaga pengajar, kurikulum, beasiswa dan studi banding. Universitas di dalam negeri seperti UI dan ITB juga aktif mendukung Unhan dengan mengirim sejumlah guru besarnya untuk membantu membangun dan menjalankan proses belajar mengajar di Unhan

Demikian penjelasan apakah Unhan perguruan tinggi negeri atau swasta. Dan jawabannya adalah Unhan merupakan perguruan tinggi negeri dengan benefit kuliah gratis dan lulus menjadi prajurit TNI.

Baca juga: Syarat Nilai Rapor Lulusan SMA/SMK untuk Daftar S1 Unhan 2024

Sehingga siswa SMA/SMK yang masih ragu-ragu mendaftar di Unhan, segera lakukan pendaftaran sebelum masa pendaftaran kuliah S1 Unhan 2024 ditutup pada 29 Februari 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com