Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Buka Jalur Anggota OSIS dan Pramuka, Bebas UKT Dua Semester

Kompas.com - 31/01/2024, 15:04 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka jalur seleksi mahasiswa baru khusus calon mahasiswa yang aktif sebagai anggota Pramuka dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Dilansir dari laman resmi UNJ, jalur seleksi khusus anggota pramuka dan OSIS dilakukan melalui seleksi prestasi.

Prestasi tersebut bisa dilakukan secara mandiri ataupun beregu baik di tingkat nasional dan internasional. Bagi siswa yang memiliki prestasi nasional minimal harus meraih juara 3.

Tak hanya bisa masuk UNJ, anggota pramuka dan OSIS yang lolos seleksi jalur prestasi akan mendapatkan bebas biaya uang kuliah tunggal (UKT) selama dua semester.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Turkiye 2024, Kuliah Gratis dan Tanpa Syarat LoA

Saat ini, pendaftaran jalur prestasi belum dibuka. Jika merujuk jadwal pelaksanaan tahun 2023, seleksi jalur prestasi akan dimulai pada Mei 2024.

Sambil menunggu pendaftaran dibuka, siswa bisa menyiapkan terlebih dahulu sertifikat prestasi yang dimiliki dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

  • Siapkan scan piagam penghargaan atau sertifikat untuk lampiran portofolio dengan ukuran masing-masing file maksimal 200Kb.
  • Prestasi yang diterima adalah prestasi nasional dan internasional.
  • Prestasi yang diterima adalah kejuaraan dan lomba dari organisasi resmi atau badan yang kredibel.
  • Peserta hanya diperbolehkan memilih satu program studi.
  • Program studi yang dipilih tidak harus sesuai dengan prestasi yang dimiliki.
  • Peserta diminta untuk menandatangani kesanggupan untuk tetap melanjutkan prestasi yang pernah diraih dibawah pembinaan bidang kemahasiswaan UNJ.
  • Peserta merupakan siswa lulusan SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2024.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Australia 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 733 Juta

Biaya pendaftaran dan biaya kuliah

Merujuk pada pelaksanaan seleksi tahun 2023, bagi siswa yang ingin mendaftar jalur seleksi ini diwajibkan membayar biaya pendaftaran Rp 400.000 dan biaya sumbangan sukarela mulai dari Rp 0.

Sementara untuk biaya kuliah mahasiswa yang diterima lewat jalur seleksi prestasi ini memiliki ketentuan tersendiri sebagai berikut:

  • Seluruh peserta jalur prestasi yang diterima akan mendapatkan pembebasan biaya UKT pada tahun pertama.
  • Jika mahasiswa yang berasal dari jalur prestasi tetap memberikan prestasi bagi UNJ, maka akan dipertimbangkan untuk pembebasan UKT pada tahun berikutnya.
  • Jika mahasiswa yang berasal dari jalur prestasi tidak mengikuti pembinaan prestasi yang dilakukan oleh UNJ maka akan dikenai UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com