Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota SPAN-UM PTKIN 2024 Capai 151.266 Orang, Dibuka Mulai Hari Ini

Kompas.com - 22/01/2024, 08:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) 2024, Nyayu Khodijah menyatakan, PMB PTKIN akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin (22/1/2024).

Menurut Nyayu, PMB PTKIN 2024 akan dilaksanan lewat tiga jalur, yakni SPAN PTKIN, UM PTKIN, dan jalur mandiri.

Baca juga: Jadwal Seleksi PMB PTKIN 2024, Siswa Tingkat Akhir Wajib Tahu

SPAN PTKIN telah dibuka mulai hari ini dan hasilnya diumumkan pada 2 April 2024. Sedangkan jalur UM PTKIN akan dibuka mulai 6 Mei 2024.

UM PTKIN dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Prodi Keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

"Ada 1.301 pilihan prodi, dengan rincian daya tampung 65.574 orang untuk kuota formasi SPAN PTKIN dan 85.692 untuk kuota UM PTKIN," kata dia dilansir dari laman Kemenag, Senin (22/1/2024).

Nyayu menyebut, elain jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, calon mahasiswa juga bisa mendaftar di jalur PMB Mandiri di masing-masing perguruan tinggi.

Nyayu juga menjelaskan, dalam pelaksanaan UM-PTKIN tahun 2024 tidak ada kelompok pilihan ujian bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Imu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kejuruan.

Jadi setiap lulusan dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah, Mu'adalahMuallimi, dan Mua'dalah Salafiyah akan bebas memilih program studi.

Baca juga: 3 Jalur Masuk PTKIN 2024 Sudah Dibuka, Cek Jadwal Lengkapnya

Informasi detail terkait SPAN PTKIN 2024, bisa melihatnya dari laman https://span.ptkin.ac.id/page. Adapun informasi UM PTKIN 2024 bisa dilihat dari laman https://um.ptkin.ac.id/.

Sedangkan informasi jalur mandiri, kamu bisa mengaksesnya pada laman resmi masing-masing perguruan tinggi masing-masing perguruan tinggi.

Baca juga: 20 UIN Terbaik di Indonesia, buat Daftar SPAN PTKIN 2024

Dengan adanya informasi di atas, diharapkan bagi calon mahasiswa untuk tidak tertinggal mendaftar di kampus PTKIN yang akan dituju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com