Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah Kedokteran Jalur Mandiri di Unram, Unud dan Unhas

Kompas.com - 20/01/2024, 15:49 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa tentu ada yang berencana memilih Jurusan Kedokteran untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi calon mahasiswa di luar Pulau Jawa, ada sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang juga menyediakan Jurusan Kedokteran berkualitas.

Khususnya bagi calon mahasiswa yang mengincar Jurusan Kedokteran lewat jalur mandiri 2024, selain mempersiapkan persyaratan kamu juga perlu tahu soal biaya kuliahnya.

Pasalnya calon mahasiswa yang lolos PTN lewat jalur mandiri, selain membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) juga perlu mempersiapkan soal uang pangkalnya.

Baca juga: Biaya Kuliah UGM Per Semester Jalur Mandiri, Termahal UKT Kedokteran

Biaya kuliah Kedokteran Unram, Unud dan Unhas

Kali ini Kompas.com rangkumkan biaya kuliah berupa UKT dan uang pangkal di Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat, Universitas Udayana (Unud) Pulau Bali, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Uang kuliah Kedokteran berupa UKT dan uang pangkal di tiga PTN ini berdasarkan biaya kuliah tahun sebelumnya.

1. Universitas Mataram (Unram)

Tahukah kamu bahwa Jurusan Kedokteran Unram punya akreditasi Unggul. Sehingga mahasiswa yang berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa memilih Jurusan Kedokteran Unram ini. Berikut biaya kuliah Kedokteran Unram bagi yang lolos jalur mandiri: 

  • UKT kelompok 1: Rp 500.000
  • UKT kelompok 2: Rp 1 juta
  • UKT kelompok 3: Rp 8.750.000
  • UKT kelompok 4: Rp 15 juta
  • UKT kelompok 5: Rp 20 juta
  • UKT kelompok 6: Rp 22 juta

Jika lolos Kedokteran Unram, kamu juga wajib membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uang pangkal. Uang pangkal Kedokteran Unram nomimal terendah Rp 25 juta dan untuk IPI tertinggi berada di kelompok 7 bisa mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Sekolah Kedinasan Milik BIN

2. Universitas Udayana (Unud)

Jurusaan Pendidikan Dokter Unud juga punya akreditasi Unggul. Khusus calon mahasiswa yang lolos jalur mandiri Universitas Udayana, selain dikenakan UKT golongan V sebesar Rp 23.240.000, mahasiswa juga wajib membayar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI).

UKT dibayarkan tiap semester sedangkan SPI atau uang pangkal dibayarkan satu kali selama masa studi dengan besaran yang berbeda pada masing-masing program studi. Uang pangkal Kedokteran Unud dibagi dalam 3 kelompok yakni:

  • Kelompok 1: Rp 75 juta
  • Kelompok 2: Rp 100 juta
  • Kelompok 3: Rp 125 juta

3. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar

Calon mahasiswa yang berada di Makassar dan sekitarnya dan ingin memilih Jurusan Kedokteran, bisa memilih Jurusan Pendidikan Dokter Unhas.

Kedokteran Unhas juga punya akreditasi Unggul. Berikut biaya kuliah UKT dan uang pangkal kuliah Kedokteran Unhas di jalur mandiri.

  • UKT per semester: Rp 25.000.000
  • Dana Pengembangan: Rp 250.000.000

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Demikian informasi mengenai biaya kuliah berupa UKT dan uang pangkal kuliah Kedokteran di Unram, Unud dan Unhas yang perlu diketahui calon mahasiswa. Biaya kuliah ini wajib dibayar jika kamu lolos di jalur mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com