Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi CBT UGM 2024 Akan Diambil dari Nilai UTBK-SNBT

Kompas.com - 19/01/2024, 19:48 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi mandiri masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui jalur Computer Based Test (CBT) tahun 2024 tidak akan digelar.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro mengatakan, proses seleksi CBT tahun 2024 hanya akan dilakukan dengan mengambil nilai dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Baca juga: UGM Kukuhkan Guru Besar Wanita Pertama di Bidang Geodesi Fisis

"Jika tidak mendaftar SNBT, artinya tidak mengikuti tes UTBK akan berdampak tidak dapat mendaftar jalur UM CBT UGM, karena jalur ini mensyaratkan sertifikat dan nilai UTBK," kata Prof. Wening dilansir dari laman resmi UGM, Jumat (19/1/2024).

Prof. Wening mengatakan, UGM telah menyediakan sebanyak 9.362 kuota untuk kelas reguler dan 1.010 kuota untuk kelas internasional untuk mahasiswa baru.

Jumlah kuota mahasiswa baru kelas reguler terbagi dalam tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 30 persen, SNBT 30 persen, dan seleksi mandiri 40 persen.

"Tahun ini, UGM akan menerima sebanyak 10.372 calon mahasiswa baru," ujarnya.

Jika dirincikan, daya tampung masing-masing jalur seleksi untuk jalur SNBP sebanyak 2.821 orang, SNBT 2.821 orang, seleksi mandiri 3.720 orang serta kelas intenasional 1.010 orang.

Prof. Wening melanjutkan, jalur seleksi mandiri UGM terbagi menjadi dua yakni Ujian Masuk UGM Penelusuran Bibit Unggul (UM UGM PBU) dan UM UGM Computer Based Test (CBT).

"Untuk PBU ada 3 (tiga) yaitu Penelusuran Bibit Unggul Tidak mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) serta jalur Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma UGM," ungkap dia.

PBUTM, kata Prof. Wening, merupakan salah satu jalur masuk UGM untuk calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Baca juga: Sosiolog UGM: Bermain Kartu Jadi Sarana Latih Otak dan Hiburan

Sementara PBUB merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang atau juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK.

Sedangkan PBU Afirmasi dan Daerah 3T adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari daerah afirmasi dan daerah tertinggal, terdepan, atau terluar (3T).

Pada seleksi PBUB UGM, kata Prof Wening, diperuntukan bagi siswa yang memiliki prestasi di tingkat internasional, nasional dan provinsi dalam kompetisi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang olahraga dan seni.

Baca juga: UGM Buka Kuota 10.372 Mahasiswa Baru pada Tahun Ajaran 2024/2025

"Juara lomba seni tidak mesti harus juara satu bisa juara 2 hingga juara kelima untuk kejuaraan seni tingkat internasional atau pernah mengikuti pementasan atau kegiatan tingkat internasional yang direkomendasi oleh Dewan Kesenian Daerah atau lembaga yang berwenang," tutup Prof. Wening.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com