Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Mata Kuliah Akpol 2024 yang Setara D4, Lulus Berpangkat Ipda

Kompas.com - 17/01/2024, 10:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMA sederajat yang siap lulus tahun 2024 mungkin bisa memilih perguruan tinggi kedinasan seperti Akademi Kepolisian atau Akpol.

Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri).

Dilansir dari laman resmi Akpol, berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, lama pendidikan bagi perwira Polri ini yaitu 4 tahun (8 semester) dan lulus dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Baca juga: 5 Jurusan di Sekolah Akmil Tahun 2024 yang Setara D4

Siswa yang mau masuk Akpol 2024 bahkan tak perlu membayar biaya pendaftaran. Termasuk biaya asrama, biaya hidup, seluruhnya bisa didapatkan secara gratis.

Bahkan setelah lulus, kamu bisa menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung saat diangkat menjadi Perwira Polri.

Program studi Akpol

Akpol juga memiliki program studi (prodi) atau jurusan sama seperti perguruan tinggi pada umumnya.

Tetapi Akpol hanya memiliki satu prodi saja. Yaitu Program Studi Kepolisian.

Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT, prodi ini sudah terakreditasi A. Sementara dari akreditasi institusi, juga mendapatkan predikat A.

Mata kuliah Akpol yang diajarkan berkaitan dengan bidang kepolisian.

Misalnya Kriminologi Forensik, Psikologi Forensik, Hukum dan keadilan, Kejahatan dan Penanganannya, Pemolisian.

Lalu mata kuliah yang membahas isu-isu penting yang terjadi dalam masyarakat, teknik dan teknis dasar umum dan khusus kepolisian serta masih banyak lagi.

Akpol juga tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya. Karena itu Akpol juga memiliki pelatihan kepolisian global.

Tujuannya tentu untuk mengembangkan kerjasama dan jejaring kerja dengan berbagai lembaga di dalam dan luar negeri

Selain itu juga ada kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan bidang kepolisian.

Sistem pembelajaran di Akpol setara dengan pembelajaran jenjang Sarjana Terapan atau D4. Karena itu, bila telah lulus dari Akpol kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com