Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FE UNJ Buka Pendaftaran 3 Program Studi Magister Tahun 2024

Kompas.com - 13/01/2024, 19:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.comFakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) selain membuka pendaftaran untuk jenjang Sarjana (S1) juga membuka pendaftaran untuk program studi Magister (S2) untuk tahun 2024 ini.

Sebagai informasi, FE UNJ masuk dalam 20 besar terbaik perguruan tinggi negeri di Indonesia dalam kategori studi ekonomi yang dirilis oleh Portal SCImago Institutions Rankings (SIR) pada tahun 2023.

Tahun 2024, terdapat tiga program studi Magister (S2) yang dibuka FE UNJ, yakni:

1. Magister Akuntansi

Berdiri sejak 2021 dan terakreditasi "Baik Sekali" dari LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi) dengan empat konsentrasi yaitu:

  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Keuangan
  • Auditing
  • Akuntansi Sektor Publik

Magister Akuntansi ini dibuka untuk pendaftar S1 dengan latar belakang akuntansi, pendidikan akuntansi, dan praktisi bidang akuntansi. Bagi mahasiswa yang dapat menyelesaikan studi ini akan mendapat gelar M.Ak. (Magister Akuntansi).

2. Magister Manajemen

Berdiri sejak 2010, terakreditasi "A" dari BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan dalam proses akreditasi internasional dari FIBAA Jerman.

Magister Manajemen UNJ terdapat empat konsentrasi, yaitu:

  • Keuangan
  • Sumber Daya Manusia
  • Pemasaran
  • Strategis

Magister Manajemen ini dibuka untuk pendaftar dengan latar belakang S1 Manajemen yang dapat diterima tanpa matrikulasi, sementara non-Manajemen harus mengikuti matrikulasi.

Selain itu juga untuk Magister Manajemen menerima mahasiswa beasiswa dari Kemenag yang sudah berlangsung sejak tahun 2022. Bagi mahasiswa yang dapat menyelesaikan studi ini akan mendapat gelar M.M. (Magister Manajemen).

3. Magister Pendidikan Ekonomi

Berdiri sejak sejak 2023 dan sudah terakreditasi minimal BANPT. Magister Pendidikan Ekonomi ini dibuka untuk pendaftar dengan latar belakang S1 Pendidikan Ekonomi dan Bisnis yang dapat diterima tanpa matrikulasi.

Sedangkan bagi calon mahasiswa non-S1 Kependidikan Ekonomi dan Bisnis harus mengikuti matrikulasi. Bagi mahasiswa yang dapat menyelesaikan studi ini akan mendapat gelar M.Pd. (Magister Pendidikan).

Dekan FE UNJ, Prof. Usep Suhud melalui rilis resmi (13/1/2024) menyampaikan, dengan adanya kerjasama antara FE UNJ dengan Kemenag menunjukkan prodi-prodi di FE UNJ sangat layak dan dipercaya mengembangkan sumber daya manusia nusantara yang sesuai dengan nilai dua kementerian.

"Selain itu juga FE UNJ selalu menjaga kualitas pembelajaran guna tercapainya kualitas lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja," ujar Prof. Usep Suhud.

Pendaftaran ketiga program studi Magister (S2) FE UNJ dibuka mulai 9 Januari 2024 hingga 16 Maret 2024.

Baca juga: Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dibuka? Simak Informasinya

 

Pada program studi Magister (S2) ini terdapat dua jenis kelas yang ditawarkan, yaitu: (1) Kelas Reguler yang dimana perkuliahan dilakukan pada Senin hingga Jumat; dan Kelas Non-Reguler yang di mana perkuliahan dilakukan pada hari Jumat malam hingga Sabtu, serta memberikan fleksibilitas kepada calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com