Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat PTFI, MIND ID Luluskan 33 Mahasiswa Program Magang IPN

Kompas.com - 08/01/2024, 18:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Salah satu anggota grup MIND ID (Mining Industry Indonesia), PT Freeport Indonesia (PTFI) berhasil meluluskan 33 anak asli Papua setelah mengenyam program pelatihan kerja (magang) di Institute Pertambangan Nemangkawi (IPN).

Seremoni kelulusan dilakukan dilakukan di Jalan Cendrawasih, Timika, Mimika, Papua Tengah, pada Jumat, 8 Desember 2023.

Senior Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum melalui rilis resmi (8/12/2024) menjelaskan, program magang tersebut merupakan bentuk keseriusan pihaknya dalam meningkatkan akses pendidikan anak Papua, khususnya Suku Amungme dan Kamoro.

Mayoritas siswa yang ikut program magang merupakan anak-anak perempuan, yakni sebanyak 30 persen dari total 33 peserta yang dinyatakan lulus.

"Dari 33 peserta yang lulus magang ini, 30 persennya adalah anak-anak perempuan Papua. Di mana dalam dunia kerja, para pekerja perempuan dinilai lebih teliti, lebih telaten dalam bekerja sehingga membawa dampak bagi peningkatan produksi,” ujar Nathan Kum.

Lebih jauh ia menjelaskan, peserta didik magang tersebut menjalani program pembelajaran selama 11 bulan dengan rincian selama enam bulan pertama mengikuti pembelajaran Off Job Class di IPN, dan lima bulan mengenyam magang di departemen atau perusahaan kontraktor di area Freeport.

Semula peserta yang mendaftarkan diri mengikuti program magang tersebut berjumlah 2.393 pendaftar. Kemudian setelah melalui proses seleksi tersisa 39 anak dinyatakan lolos.

Namun, ada beberapa peserta tidak bisa mengikuti aturan atau memenuhi kode etik program magang sehingga tersisa sebanyak 33 peserta didik saja.

Lebih jaun Nathan menjelaskan, para peserta juga mendapatkan pelatihan basic life skill dalam Program Papuan Sustainable Human Capital Development yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat selama tiga pekan.

"Siswa mendapat pelatihan komunikasi di tempat kerja, disiplin, team work, empati, problem solving, nilai-nilai PTFI, dan dasar-dasar bela negara," ungkap Nathan.

Adapun jurusan pelatihan angkatan tahun 2023, ada tujuh jurusan meliputi administration, heavy duty mechanic, electrician, welder, heavy equipment operator, fixed plant operator dan carpenter civil.

"Kabar baiknya, hampir 90 persen siswa tamatan program magang IPN 2023 sudah terserap bekerja di PTFI ataupun di perusahaan-perusahaan pendukung atau kontraktor privatisasi," pungkasnya.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf menyampaikan, berbagai inisiatif bidang pendidikan merupakan bagian dari upaya MIND ID meningkatkan kinerja keberlanjutan perusahaan.

"Khususnya dalam memfasilitasi keterlibatan warga di sekitar operasional perusahaan untuk bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik," ujar Heri melalui rilis resmi (8/1/2024).

"Kami akan terus meningkatkan kinerja keberlanjutan perusahaan, memfasilitasi keterlibatan sekitar wilayah operasional kami, dan mendukung inisiatif pengembangan yang memberikan manfaat jangka panjang," tegas Heri, Kamis, 4 Januari 2024..

Heri menjelaskan MIND ID meliputi PT Timah Tbk., PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Bukit Asam Tbk., (PTBA), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) bahu membahu meningkatkan taraf pendidikan masyarakat di sekitar wilayah operasional.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Rumania 2024: Tanpa TOEFL, Hanya Seleksi Berkas

Salah satunya melalui pelaksanaan program Beasiswa Diploma I Akademi Masyarakat Industri Pertambangan Bukit Asam (Akipba). Tercatat ada 24 siswa penerima beasiswa Akipba dari angkatan pertama dan angkatan kedua menggelar seremoni kelulusan pada 30 September 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com