Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Jadi "Content Creator"? 7 Jurusan SMK Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 06/01/2024, 20:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Profesi menjadi seorang content creator cocok bagi orang yang kreatif. Saat ini, banyak jurusan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan yang relevan untuk pekerjaan menjadi content creator atau pembuat konten.

Saat ini gaji dari profesi content creator baik lulusan SMK atau perguruan tinggi cukup tinggi. Mulai dari jutaan sampai puluhan juta per bulan.

Apabila saat ini kamu masih duduk di bangku SMP atau MTs dan tahun depan akan mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2024, cari tahu dulu jurusan SMK yang bisa memuluskan jalanmu jika ingin menjadi seorang content creator.

Sebagai contoh jurusan SMK agar bisa menjadi content creator misalnya Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Baca juga: 5 PTN yang Terima Siswa SMK Masuk Jurusan Kedokteran 2024

7 Jurusan SMK ini cocok jika ingin jadi content creator  

Pada jurusanBisnis Daring dan Pemasaran, siswa diajarkan bagaimana mempromosikan suatu produk secara digital, kreatif di media sosial.

Berikut tujuh jurusan SMK yang bisa kamu pilih pada PPDB 2024 mendatang dan bisa memuluskan jalanmu untuk menjadi seorang content creator

1. Multimedia

Jurusan multimedia ini punya banyak materi yang mempelajari desain visual, komputer, dan pemanfaatan teknologi untuk memproduksi dan mendistribusikan konten multimedia. Jadi sangat cocok untuk bekerja sebagai content creator.

Baca juga: TNI AL Buka Lowongan Bintara PK 2024, Lulusan SMA-SMK Bisa Daftar

2. Bisnis Daring dan Pemasaran

Salah satu jurusan SMK yang banyak mengajarkan cara membuat konten kreatif adalah Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Jurusan ini sudah dimiliki banyak sekolah di Indonesia.

3. Pemasaran

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari semua hal terkait proses marketing, manajemen pemasaran, strategi pemasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, pelayanan dalam bisnis, cara berkomunikasi dengan konsumen, dan sebagainya.

4. Bisnis dan Manajemen

Jurusan yang cocok jika ingin jadi content creator lainnya adalah Bisnis dan Manajemen. Jurusan ini tidak hanya mencetak tenaga kerja profesional dalam bidang perbankan, perkantoran dan bisnis retail.

Tetapi juga cocok bagi siswa yang ingin menjadi seorang content creator. Sebab saat membuat konten, dibutuhkan kemampuan budgeting konten dan pemasaran khalayak.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com