Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Jawa Barat Alih Statuskan 6 SLB Jadi Sekolah Negeri pada 2023

Kompas.com - 03/01/2024, 12:10 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat telah mengalih statuskan enam Sekolah Luar Biasa (SLB) menjadi sekolah negeri di sepanjang 2023.

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Disdik Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya setelah meresmikan alih status SLB Putra Pasundan 2 Banjar menjadi SLB Negeri Langensari Kota Banjar pada Rabu (27/12/2023).

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Jawa Barat, Acuan Daftar 2024

"Tahun ini, alih status SLB negeri ada enam, yakni dua di Kota Bogor, dua di Kabupaten Ciamis, satu di Indramayu, dan satu di Kota Banjar," kata Wahyu dilansir dari laman resmi Disdik Jawa Barat, Selasa (2/1/2024).

Disdik Jawa Barat, kata Wahyu, juga mencatat ada total 391 SLB di Jawa Barat, 57 di antaranya sudah berstatus sekolah negeri.

Wahyu mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus.

Salah satu caranya dengan membuat inovasi terbaru dengan mendirikan Unit Layanan Disabilitas (ULD) sebagai pengganti sekolah.

"Kita menyadari bahwa membangun sekolah itu biayanya mahal. Pendirian ULD ini untuk mendekatkan layanan yang lebih memungkinkan," ujar Wahyu.

Wahyu menjelaskan, pada ULD guru tetap tersedia, tapi guru tersebut bisa mengunjungi daerah-daerah lain yang membutuhkan.

"Gurunya tetap, tapi bisa mengunjungi daerah yang membutuhkan pelayanan. Jadi, tidak hanya di sekolah induk. Sudah ada di beberapa tempat dan respon masyarakat juga cukup baik," ungkap Wahyu.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Bandung, Referensi Siswa Daftar pada 2024

Wahyu berterima kasih atas semua jasa guru yang tidak pernah lelah mendidik anak-anak muridnya terutama yang mendapat ke istimewaan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Dia pun berharap para siswa dengan keistimewaan bisa suskses dan mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki.

"Kita tidak pernah tahu ke depan putra-putri kita akan menjadi apa, tetapi para guru tak pernah lelah mendidik," ucap Wahyu.

Baca juga: Siswa dan Mahasiswa, Ini Daftar 27 Hari Libur pada Tahun 2024

"Kita tidak pernah bisa mengubah arah angin, tetapi kita bisa mengubah layar untuk menuju tujuan. Kita tidak bisa mengubah nikmat Allah, tetapi kita bisa mengoptimalkan potensi putra-putri kita," tutup Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com