Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Resolusi Tahun Baru bagi Mahasiswa

Kompas.com - 27/12/2023, 08:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2024 tiba sebentar lagi, sebagai seorang mahasiswa tentu berharap tahun depan bisa meraih pencapaian baru yang bermanfaat.

Tak ada salahnya kamu menyusun resolusi yang ingin dicapai pada tahun 2024 mendatang. Ada beberapa resolusi yang bisa dilakukan mahasiswa di tahun baru yang akan datang sebentar lagi.

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (26/12/2023) berikut resolusi tahun baru yang bisa menginspirasi para mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI Jalur SNBP, SNBT dan Mandiri

Resolusi tahun baru bagi mahasiswa

1. Perbarui resume dan portofolio

Tahun baru akan dipenuhi dengan berbagai kesempatan baru. Sebagai mahasiswa, kamu bisa memperbarui Curriculum Vitae (CV) saat kamu mendaftar suatu organisasi, magang atau kegiatan lainnya yang ingin kamu ikuti di semester depan.

2. Tingkatkan prestasi  

Memasuki semester baru, mahasiswa harus terus meningkatkan prestasinya. Dalam menunjang pengembangan diri dan profesional, bergabung ke dalam kepanitiaan atau aktif dalam dinamika organisasi kampus.

Hal ini dapat kami jadikan resolusi untuk menambah pengalaman sekaligus memperkaya portofolio di tahun yang akan datang.

Baca juga: Cek Kisaran Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta, London, dan Seoul

3. Eksplorasi hobi baru

Resolusi tahun baru berikutnya yang bisa dilakukan mahasiswa adalah dengan mengeksplorasi hobi baru. Dengan mencoba hobi atau kebiasaan baru, seperti fotografi, belajar bahasa asing, pemrograman dan koding atau lain sebagainya.

Mahasiswa akan menemukan hobi baru sekaligus mampu mengeksplorasi peluang karier yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

4. Cari ide penelitian

Bagi mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir semester depan, kamu bisa mulai menemukan ide serta topik penelitian. Caranya dengan menentukan minat penelitian dan berdiskusi bersama dosen pembimbingmu.

5. Ikut program Kampus Merdeka dari Kemendikbud Ristek

Di semester baru, ada berbagai program Kemendikbud Ristek yang bisa kamu coba. Melalui program Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek, dapat membantu meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Binus Per Semester? Cek Rinciannya

Itulah resolusi tahun baru 2024 yang  bisa dicoba para mahasiswa. Terlebih bagi mahasiswa yang masih berada di semester awal, tak ada salahnya untuk terus berusaha dan mengisi masa muda dengan berbagai kegiatan yang positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com