Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Prodi Fikom Unpad Raih Akreditasi Internasional dari AQAS

Kompas.com - 19/12/2023, 20:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tujuh program studi (Prodi) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study Programs (AQAS) yang berbasis di Jerman.

Akreditasi tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil pertemuan AQAS Standing Commission yang digelar pada 4 Desember 2023.

Baca juga: Tanggal Lahir Persib Bandung Ganti 5 Januari karena Hasil Riset Unpad

Tujuh program studi Fikom Unpad yang terakreditasi internasional AQAS, yaitu:

  • Sarjana Ilmu Komunikasi
  • Perpustakaan dan Sains Informasi
  • Hubungan Masyarakat
  • Manajemen Komunikasi
  • Jurnalistik
  • Magister Ilmu Komunikasi
  • Doktor Ilmu Komunikasi.

Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, perolehan akreditasi internasional tersebut merupakan salah satu ikhtiar dalam upaya peningkatan kualitas, mutu pelayanan, hingga kualitas pembelajaran kepada mahasiswa.

Diharapkan, mutu pembelajaran di fakultas dari prodi jadi jauh lebih baik.

"Dari niatan itu, kita harus komprehensif perbaiki banyak hal, dan akreditasi ini jadi salah satu ouput-nya," kata dia dilansir dari laman Unpad, Selasa (19/12/2023).

Dimulai dari asesmen internal untuk menilai sejauh mana posisi Fikom Unpad saat itu, bagaimana kekuatan dan kelemahan, serta apa yang sudah dan perlu dikembangkan.

Selanjutnya, persiapan penyusunan naskah dan diskusi dengan para ahli yang sudah punya pengalaman melakukan akreditasi internasional.

Dia mengaku, banyak aspek yang perlu ditingkatkan.

"Modalnya, prodi kita sudah punya akreditasi A, bahkan ada yang sudah unggul. Kemudian ditambah modal kesungguhan dan niat baik dari teman-teman tim pengelola," ungkap Dadang.

Baca juga: 30 Prodi Saintek dan Soshum Unpad Terketat di SNBP dan SNBT 2023

Proses visitasi lapangan oleh asesor AQAS dilakukan pada 31 Mei – 2 Juni 2023.

Menurut Dadang, Fikom Unpad merupakan salah satu lembaga yang dilakukan visitasi lapangan secara luring (on site) oleh para asesor.

Hal ini menjadi salah satu tantangan, mengingat visitasi lapangan akan langsung memvalidasi data atau bukti yang sudah dijelaskan dalam borang.

Dari hasil akreditasi tersebut, ada sejumlah catatan yang perlu ditingkatkan Fikom Unpad. Utamanya dalam meningkatkan proses internasionalisasi di tingkat fakultas.

Dadang mengatakan, peningkatan yang perlu dilakukan adalah penyesuaian kurikulum yang sesuai standar internasional, sistem kredit (SKS) yang berlaku secara internasional, peningkatan daya kompetitif mahasiswa melalui proses yang akuntabel, hingga meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan pelajar internasional.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terketat di Unpad pada SNBP 2023, Acuan Daftar 2024

"Tata cara dan tata kelola kita sudah bukan sifatnya lokal, tetapi bagaimana kita bisa mampu menyelenggarakan tata kelola pembelajaran sesuai standar internasional. Fikom Unpad akan memenuhi kewajibannya," tutup Dadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com