Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Milik Kemenhub, Cek Jalur Masuknya

Kompas.com - 14/12/2023, 10:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun berlokasi di Kota Madiun, Jawa Timur merupakan perguruan tinggi vokasi negeri di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Alamat lengkap Politeknik Perkeretaapian Indonesia berada di Jalan Tirta Raya Kota Madiun, Jawa Timur.

Lulusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia tidak hanya bisa bekerja mengabdi di pemerintahan saja. Tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional. Sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

Bagi siswa yang tahun depan ingin kuliah di Politeknik perkeretaapian Indonesia, perlu informasi seperti jurusan yang tersedia hingga jalur masuknya.

Baca juga: Cek 6 Sekolah Kedinasan Kemenhub yang Sepi Peminat

Jurusan dan jalur masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Dilansir dari laman resmi Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Kamis (14/12/2023) berikut informasi mengenai jurusan yang tersedia di Politeknik Perkeretaapian Indonesia dan jalur masuk yang bisa dimanfaatkan para siswa:

1. D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

2. D3 Teknologi Elektro Perkeretapian (TEP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri, Uang Saku di Atas Rp 15 Juta Per Bulan

3. D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA/IPS sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik.

4. D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Jurusan terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Perkapalan dan Teknologi Pesawat Udara (kecuali Aircraft Electricity dan Aviation Electronics).

Untuk masuk ke Politeknik perkeretaapian Indonesia ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu manfaatkan. Berikut jalur masuk Politeknik perkeretaapian Indonesia yang perlu diketahui siwa:

1. Jalur Pola Pembibitan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com