Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Management Trainee" Bisa Jadi Peluang Percepatan Karier bagi Gen Z

Kompas.com - 30/11/2023, 14:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berdasarkan data dari hasil survei Jakpat tentang preferensi karier generasi muda usia 20 tahunan, sebanyak 77 persen generasi muda memilih tempat kerja yang memiliki peluang karier yang jelas.

Selain itu, menurut dari data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebanyak 80 persen lulusan strata S1 di Indonesia bekerja tidak sesuai dengan program studi yang dipelajari selama kuliah.

Guna mengatasi dua tantangan tersebut, program management trainee (MT) menjadi peluang percepatan karier yang baik bagi generasi Z terlebih bagi fresh graduate.

Baca juga: Apa Itu Management Trainee? Ini Manfaatnya bagi Fresh Graduate

MT merupakan program yang diselenggarakan perusahaan untuk menjaring bakat-bakat baru untuk ditempatkan dalam posisi manajerial. Program ini memiliki jenjang karier yang bagus dan cocok untuk lulusan muda atau fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman.

Berikut ini terdapat beberapa informasi bagi generasi Z agar sukses diterima management trainee.

1. MT mencari kandidat dari berbagai latar belakang pendidikan

Management trainee tidak hanya mencari kandidat dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan industri perusahaan, tetapi juga mencakup seluruh lulusan dari berbagai jurusan bisa mencoba melamar.

2. Tidak harus memiliki pengalaman kerja

Pada program MT, umumnya perusahaan mencari fresh graduate dengan pengalaman kerja yang terbatas, dengan maksimal dua tahun. Sebab program MT sendiri bertujuan untuk memberi pendampingan dan pelatihan dalam kurun waktu tertentu sehingga peserta siap bekerja setelah lulus dari program MT.

Baca juga: Fresh Graduate: Langsung Bekerja, Melanjutkan Kuliah, atau Berwirausaha

3. Mempelajari perusahaan dan industri tempat MT

Supaya peluang lolos MT lebih besar, ada baiknya pelamar memahami tentang perusahaan yang dilamar, mencakup visi misi serta produk yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, penting juga mengetahui perkembangan industri yang sedang dijalankan oleh perusahaan.

4. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan program MT. Sebab pelamar yang nantinya diterima harus melakukan berbagai pekerjaan yang mengharuskan mereka melakukan koordinasi dengan atasan atau rekan satu tim.

Baca juga: Fresh Graduate Menunggu Panggilan Kerja? Coba Lakukan 4 Hal Ini

5. Tunjukkan semangat tinggi untuk berkembang

Penting bagi pelamar untuk menunjukkan semangat yang tinggi untuk mengembangkan diri. Selain itu, jangan lupa untuk belajar memiliki mindset yang luas dalam mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi.

Sebagai upaya untuk membantu percepatan karier generasi Z, Ninja Xpress melaksanakan program roadshow edukasi karier ke sejumlah universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah mada, Universitas Atma Jaya, dan Telkom University.

Baca juga: 7 Skill Perlu Dikuasai Fresh Graduate jika Ingin Bekerja di Startup

Roadshow ini sekaligus mengenalkan program management trainee yang dimiliki oleh Ninja Xpress, Ninja Xcceleration Program.

“Kami menyadari bahwa salah satu tantangan dari banyak mahasiswa tingkat akhir di Indonesia adalah mereka merasa bingung dalam menentukan jenjang karier mereka setelah lulus, ini disebabkan oleh jenjang karier yang ingin dicoba berbeda dengan program studi yang sedang mereka jalani sekarang,” ujar Maria Octasya, CHRP Ninja Xpress, dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com