Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal NUS, Kampus Terbaik di Asia dan Rekomendasi Beasiswanya

Kompas.com - 27/11/2023, 16:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - National University of Singapore (NUS) merupakan universitas yang berada di Singapore. Kampus ini berhasil menempati peringkat 8 kampus terbaik di dunia dan peringkat 1 terbaik di Asia versi QS WUR 2024

NUS juga menjadi satu-satunya kampus di Asia yang masuk dalam 10 besar peringkat kampus terbaik dunia versi QS WUR 2024.

Memiliki 16 divisi akademik yang terdiri dari college, fakultas, dan sekolah di 3 lokasi yang berbeda yaitu Kent Ridge, Bukit Timah, dan Outram, NUS juga memiliki program studi yang tersedia meliputi teknik sipil, arsitektur, kimia, farmasi, statistika, sistem informasi.

Baca juga: 4 Beasiswa Pertukaran ke Luar Negeri, Siswa dan Mahasiswa Wajib Tahu

Menawarkan jenjang pendidikan dari S1 hingga S3. Kampus ini sering melakukan riset yang melibatkan industri dan pemerintah.

Menariknya, kurikulum sarjana dan pascasarjana menggunakan sistem modular. Sistem yang menawarkan mahasiswa untuk mempercepat program studi dengan mengambil lebih banyak mata kuliah per semester.

Kampus ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat mendukung sarana pembelajaran seperti ruang diskusi, area membaca, ruang serbaguna, lab komputer.

Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1905 telah mencetak banyak alumni-alumni hebat seperti Lee Kuan Yew (perdana menteri Singapura 1959-1990), Raline Shah (artis dan pemain film), dan Halimah Yacob (presiden Singapura 2017-2023).

Baca juga: Beasiswa Bestari 2023 Dibuka bagi Mahasiswa D3-S1, Beri Biaya Kuliah

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di NUS dan tidak memiliki biaya yang cukup, kamu bisa mendaftar beasiswa berikut ini :

  • Beasiswa LPDP
  • ASEAN Undergraduate Scholarship
  • NUS Research Scholarship
  • NUS-SINGA Scholarship
  • Kuok Foundation Scholarship
  • Science and Technology Undergraduate Scholarship
  • President's Graduate Fellowship
  • LKY School of Public PhD Scholarship 

Baca juga: Info Beasiswa Kuliah S1-S3 di Singapura dan China

Itulah informasi terkait NUS, apakah kamu tertarik melanjutkan studi di sini? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com