Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Bappenas 2024 Masih Buka, PNS bisa Kuliah S2

Kompas.com - 20/11/2023, 18:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beasiswa Bappenas 2024 yang bisa dimanfaatkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas untuk menempuh pendidikan jenjang S2.

Beasiswa ini diberikan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas.

Calon peserta program beasiswa Pusbindiklatren Bappenas tahun 2024 diharuskan mendaftar melalui situs http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.paling lambat tanggal 30 November 2023.

Program beasiswa yang ditawarkan pada tahun 2024 tahap 1 meliputi program beasiswa S2 Reguler Plus, S2 Linkage yang mencakup program Split-Site Master Program (SSMP) kerja sama dengan Australia Awards in Indonesia.

Selain itu, Pusbindiklatren Bappenas juga menawarkan beasiswa program S2 Reguler Luar Negeri bekerja sama dengan Lee Kuan Yew, National University of Singapore, Singapura (LKY NUS)dan Nanyang Centre for Public Administration, Nanyang Technological University, Singapura (NCPA NTU).

Baca juga: 13 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Full Biaya Hidup

Syarat beasiswa Bappenas 2024

Bagi peserta yang berminat dengan program S2 Reguler Luar Negeri kerja sama dengan Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore, Singapura (LKY NUS) dan Nanyang Centre for Public Administration, Nanyang Technological University, Singapura (NCPA NTU), diharuskan untuk mendaftar melalui website universitas masing-masing.

Dilansir dari laman resminya, proses seleksi program beasiswa ini meliputi tahapan administrasi, tes potensi akademik (TPA), Test of English as a Foreign Language (TOEFL) ITP, dan seleksi wawancara khusus untuk program tertentu.

Seluruh dokumen pendukung wajib diunggah dan dilengkapi dalam Simdiklat Pendaftaran untuk proses verifikasi lebih lanjut. Penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) serta E-Meterai dapat digunakan dalam proses pendaftaran beasiswa Pusbindiklatren Bappenas tahun 2024.

Bagi PNS yang memenuhi kriteria mendaftar beasiswa Bappenas 2024, berikut persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar:

Bagi peserta yang berminta untuk mendaftar S2 Reguler di luar negeri, maka dapat melakukan pendaftaran melalui website universitas masing-masing.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 Gratis ke Romania, Tanpa TOEFL, Hanya Seleksi Berkas

Persyaratan beberapa syarat dokumen pendukung lainnya yang harus dilengkapi untuk diunggah pada Simdiklat pendaftaran antara lain:

1. Surat usulan yang berasal dari Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD/BKPSDM atau juga Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan setempat tembusan eselon 2 atasan langsung. Nama peserta yang diusulkan sudah memenuhi kriteria persyaratan, dan juga belum memiliki gelar S2 untuk melamar beasiswa Bappenas S2.

2. Hasil cetak formulir registrasi juga harus sudah diisi lengkap, bermaterai, dengan tanda tangan calon peserta dan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD/BKPSDM atau juga Kepala Pusat Pendidikan serta Pelatihan. Selain itu sudah distempel cap basah pada posisi tanda tangan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD/BKPSDM atau juga Kepala Pusat Pendidikan serta Pelatihan.

3. Salinan ijazah dan juga transkrip nilai yang sudah dilegalisasi serta dicap basah.

4. Salinan SK dengan kepangkatan III/a dan juga SK terakhir yang sudah dilegalisasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com