Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 PTN Punya Jalur Mandiri Tanpa Tes, Referensi Daftar 2024

Kompas.com - 14/11/2023, 15:10 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setiap tahun membuka jalur mandiri tanpa tes dan bisa dijadikan referensi siswa SMA sederajat  yang akan mendaftar kuliah pada tahun 2024.

Jalur mandiri tanpa tes umumnya tidak mensyaratkan siswa SMA, SMK, MA melewati tes wawancara, psikotes, maupun tes tulis berbasis komputer.

Berdasarkan seleksi tahun 2023, jalur mandiri tanpa tes ini menggunakan seleksi yang beragam. Misalnya seleksi rapor, seleksi prestasi akademik dan non akademik, prestasi sebagai hafiz atau penghafal Al-Quran ataupun bagi anggota atau ketua OSIS. 

Baca juga: 5 PTN Ini Buka Penerimaan Maba Jalur Ketua OSIS, Ada IPB dan Unair

PTN yang membuka jalur mandiri tanpa tes antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, sampai Universitas Brawijaya. Beberapa jalur ini biasanya ada yang dibuka berbarengan dengan jalur seleksi nasional.

Untuk itu ketahui 12 PTN yang membuka jalur mandiri tanpa tes buat persiapan 2024.

Daftar PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes

1. Universitas Indonesia (UI)

Jalur mandiri di UI tanpa tes yang dibuka ialah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (Ipteks), olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat di Sekolah SMA dalam waktu maksimal 3 tahun terakhir.

Baca juga: Biaya UKT Per Semester Jurusan Kedokteran UI, UGM sampai UB

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata juga memiliki jalur mandiri tanpa tes yang bisa kamu ikuti. Yakni Jalur Penelusuran Bibit Unggul bagi semua siswa-siswi yang berprestasi di SMA atau SMK.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB punya beberapa jalur yang tak mensyaratkan tes tulis bagi peserta. Pertama jalur Ketua OSIS, kedua adalah Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB Mandiri Non Ujian Tulis Berbasis Komputer diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana Kelas Internasional dan Program Diploma. Jalur seleksi SPMB Mandiri Non UTBK menggunakan komponen seleksi sebagai berikut:

  • Nilai raport SMA/SMK/MA atau sederajat (semester 1 s.d. 6),
  • Prestasi kejuaraan bidang akademik dan atau non akademik (termasuk prestasi olahraga, seni dan keagamaan)
  • Pengalaman keorganisasian dan atau kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS punya dia jalur mandiri tanpa tes. Pertama Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) untuk siswa SMA, SMK, MA, yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode.

Baca juga: Ditinggal Kedua Orangtua, Rizqi Buktikan Bisa Kuliah di Kedokteran

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com