Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 12 Kampus Swasta Terbaik di Semarang

Kompas.com - 04/11/2023, 13:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kampus swasta terbaik di Semarang perlu diketahui para calon mahasiswa. Dengan tahu kampus swasta terbaik di Semarang, setidaknya kamu sudah tahu jalan alternatif apabila di penerimaan mahasiswa baru 2024 kamu belum lolos di perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurut pemeringkatan Kampus swasta terbaik di Semarang berdasarkan UniRank 2023 bisa jadi referensimu dalam memilih perguruan tinggi.

Dilansir dari laman resmi 4icu.org, Sabtu (4/11/2023) untuk tahu universitas-universitas terbaik di Jawa Tengah, UniRank menerbitkan daftar 585 Universitas di Jawa Tengah yang diurutkan berdasarkan kota (lokasi kampus utama) dan memenuhi kriteria seleksi UniRank berikut:

UniRank merupakan sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan website yang dimilikinya.

Baca juga: 15 Sekolah Swasta Terbaik di Bekasi, Acuan Daftar Tahun 2024

Kampus swasta terbaik di Semarang

UniRank yang berpusat di Australia menggunakan tiga kriteria untuk menentukan kategori perguruan tinggi terbaik. Kriteria pemilihannya yaitu telah diakui atau diakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi yang sesuai.

Kedua, perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana selama empat tahun, atau pascasarjana (gelar master atau doktoral).

Ketiga memberikan kursus dengan sebagian besar format pendidikan adalah tradisional atau tatap muka, juga jarak jauh atau online.

Dari daftar perguruan tinggi terbaik di Jawa Tengah berdasarkan pemeringkatan UniRank 2023, Kompas.com rangkumkan universitas mana saja yang masuk dalam deretan kampus swasta terbaik di Semarang versi UniRank 2023.

1. Universitas Sains dan Teknologi Komputer

  • Peringkat di Jawa Tengah: 5

2. Universitas Katolik Soegijapranata

  • Peringkat di Jawa Tengah: 6

3. Universitas Dian Nuswantoro

  • Peringkat di Jawa Tengah: 8


Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

4. Universitas Islam Sultan Agung

  • Peringkat di Jawa Tengah: 11

5. Universitas Muhammadiyah Semarang

  • Peringkat di Jawa Tengah: 13

6. Universita Semarang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com