Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka Pendaftaran S2 dan S3 Gelombang 2, Cek Infonya

Kompas.com - 01/11/2023, 19:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali mengumumkan pendaftaran program Pascasarjana gelombang II.

Pendaftaran SMUP Pascasarjana Gelombang II dibuka hingga 24 Januari 2024.

Baca juga: Simak 5 Rekomendasi Beasiswa yang Bisa Didaftar Mahasiswa UI

Kepala Kantor SMUP, Anas mengatakan, SMUP Pascasarjana pada gelombang ini dibuka untuk program Profesi, Spesialis, Subspesialis, Magister, dan Doktor. Pendaftaran dibuka pada tiga sesi.

Sesi pertama dibuka pada 12 Oktober – 2 November 2023, sesi kedua dibuka pada 17 November – 14 Desember 2023, dan sesi ketiga dibuka pada 5 – 24 Januari 2024.

"Pembagian sesi tersebut ditujukan untuk memfasilitasi mereka yang memerlukan (mengurus) surat keterangan kelulusan atau beasiswa," kata Anas dilansir dari laman Unpad.

Syarat pendaftaran tetap sama, yaitu melampirkan sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan sertifikat TKBI dari lembaga yang diakui Unpad.

Untuk sertifikat TKA diperoleh dari Pusat Inovasi Psikologi Unpad atau lembaga yang diakui Unpad dengan nilai minimal 450 untuk S2 dan 500 untuk Doktor.

Sementara untuk nilai minimal Tes Kemampuan Bahasa Inggris adalah 450 untuk S2 dan 500 untuk Doktor.

"Peserta harus diperhatikan, karena ada beberapa program studi yang aplikatif (applied science). Untuk prodi yang aplikatif, TKA dan TKBI masih diperlukan tetapi tidak ada batas minimalnya," ungkap Anas.

Baca juga: Kuliah Gratis, Cek 10 Beasiswa S1-S3 Deadline November 2023

Bagi peserta yang belum terpanggil di sesi satu akan diikutkan pada sesi kedua dengan melengkapi semua kekurangan persyaratan pendaftaran.

Informasi mengenai kekurangan persyaratan pendaftaran dapat dilihat di akun masing-masing peserta saat melakukan pendaftaran.

Jika seluruh persyaratan dilengkapi, peserta akan dilakukan pemanggilan di masa seleksi sesi 2.

"Demikian juga kalau sesi 2 belum, masih ada kesempatan di sesi 3. Kalau di sesi 3 masih belum lengkap, maka kami nyatakan belum lulus," jelas Anas.

Unpad buka program khusus alumni

Selain pendaftaran SMUP Pascasarjana Reguler, Unpad juga membuka pendaftaran SMUP Pascasarjana untuk para alumni berprestasi dan berkinerja.

Program ini dibuka untuk memberikan penghargaan kepada para alumni yang memiliki prestasi atau berkinerja baik di perusahaan bergengsi untuk bisa langsung berkuliah di Unpad.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com