Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegiatan Kampus Bisa Tingkatkan Keterampilan Akademik Mahasiswa

Kompas.com - 28/10/2023, 17:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menjadi mahasiswa, ada berbagai kegiatan kampus yang bisa kamu ikuti. Kegiatan kampus yang kamu ikuti, selain bisa mengisi waktu untuk hal-hal positif, juga akan sangat bermanfaat di curriculum vitae (CV) saat mendaftar pekerjaan kelak.

Tentunya mahasiswa harus selektif dalam memilih kegiatan kampus yang akan diikuti. Jangan sembarangan mengikuti kegiatan yang justru tidak bermanfaat dan menyita waktu saja.

Lebih baik mahasiswa memilih kegiatan sekaligus yang bisa meningkatkan keterampilan akademiknya.

Selain berlatih mengikuti kegiatan organisasi dan mengenal banyak orang, kamu juga bisa mengambil manfaat positif lainnya yakni keterampilan akademik yang makin meningkat.

Dilansir dari laman Masoem University, Sabtu (28/10/2023) membagikan informasi kegiatan kampus yang bisa meningkatkan keterampilan akademik mahasiswa.

Baca juga: 5 Kegiatan bagi Siswa Gap Year, Bisa Persiapan Ikut UTBK

Kegiatan kampus yang bisa tingkatkan keterampilan akademik

1. Kelompok studi dan diskusi

Mengikuti kegiatan kelompok studi dan diskusi menjadi salah satu metode yang efektif untuk memperdalam pemahaman tentang materi perkuliahan.

Saat mengikuti kelompok studi dan diskusi, mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pemikiran, dan menjelaskan konsep kepada rekan-rekan mereka. Ini membantu memperkuat pemahaman dan pemecahan masalah bersama.

2. Pusat bimbingan akademik

Kegiatan kampus lainnya yang bisa meningkatkan keterampilan akademik mahasiswa adalah mengoptimalkan keberadaan pusat bimbungan akademik di kampusnya.

Pusat bimbingan akademik yang tersedia di kampus biasanya menyediakan layanan seperti konseling akademik, bimbingan untuk penulisan, dan pelatihan studi.

Mahasiswa dapat mengambil manfaat dari layanan ini untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan merencanakan studi.

3. Ikut kompetisi akademik

Sebagai mahasiswa, tentu kamu sudah makin paham dengan bakat dan minatmu. Sehingga kamu bisa mengikut kompetisi akademik yang sesuai dengan keahlianmu.

Mengikuti lomba Kompetisi akademik menjadi cara bagus untuk mendorong mahasiswa mengejar pencapaian akademik yang tinggi.

Mereka dapat berpartisipasi dalam berbagai kompetisi seperti Olimpiade Ilmiah atau pameran proyek penelitian, yang mendorong mereka untuk mengasah keterampilan akademik mereka.

4. Seminar dan Lokakarya

Saat ini ada banyak sekali seminar dan lokakarya yang bisa diikuti mahasiswa. Perguruan tinggi sering menyelenggarakan seminar dan lokakarya mencakup berbagai topik.

Mulai dari teknik studi hingga strategi pengelolaan waktu. Mahasiswa yang menghadiri acara ini dapat memperoleh wawasan baru dan teknik yang dapat diterapkan dalam studi mereka.

Baca juga: Perbedaan Kurikulum di SMA Taruna Nusantara dan Pradita Dirgantara

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com