Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelas Eurasia FIS UNJ Bedah Keberhasilan Komunikasi Penanganan Covid-19

Kompas.com - 19/10/2023, 18:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menyelenggarakan perkuliahan sesi keenam "The Eurasia International Course 2023". Program ini merupakan kolaborasi FIS UNJ dengan The Eurasia Foundation (from Asia).

Selain menjadi strategi internasionalisasi FIS UNJ, kegiatan diharapkan dapat memperluas perspektif keilmuan sivitas akademika UNJ, khususnya terkait transformasi masyarakat setelah pandemi Covid.

"The Eurasia International Course 2023" sesi keenam UNJ ini dilaksanakan secara hibrid di Kampus A UNJ Jakarta dan disiarkan melalui live streaming Youtube FIS UNJ pada 19 Oktober 2023.

Kali ini perkuliahan internasional menghadirkan Devie Rahmawati dari Universitas Indonesia mengangkat tema "Covid 19 Lesson Learned: Indonesian Public Communication Strategy".

Dalam pemaparan, Devie menjabarkan bagaimana Indonesia berhasil menangani Covid-19 dibanding dengan negara lain, salah satunya karena adanya komunikasi baik antara para pemangku kepentingan.

Menurut Devie terdapat tujuh stakeholders yang berkerja sama dengan baik dalam penanganan Covid-19 yang ia sebut heptahelix meliputi pemerintah, akademisi, dunia bisnis, komunitas, NGOs, media dan individu (influencer, Youtuber dan lainnya).

Perkuliahan sesi keenam The Eurasia International Course 2023 FIS UNJ pada 19 Oktober 2023.DOK. UNJ Perkuliahan sesi keenam The Eurasia International Course 2023 FIS UNJ pada 19 Oktober 2023.

 

Selain komunikasi yang baik antara stakeholders, komunikasi antara pemangku kepentingan dengan masyarakat pun dilakukan dengan baik secara persuasif dan menunjukkan kredibilitas yang tinggi.

"Pandemi ternyata membuka warna baru Indonesia, salah satunya adalah kemurahan hati yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia" ujar Devie.

"Dengan kemurahan hati tersebut, masyarakat Indonesia saling gotong royong dan saling membantu untuk vaksinasi. Hal tersebut juga menjadi faktor penting keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia," tambahnya.

Baca juga: Gunardi Dikukuhkan Jadi Gubes Untar, Bahas Pailit Usaha Setelah Covid-19

Pada pembukaan sesi, Koordinator Pelaksana Kurniawati menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan pembicara, dan mengingatkan mahasiswa untuk tetap memperluas wawasan khususnya pada ilmu-ilmu sosial yang sesuai dengan latar belakang guna mendapatkan pengetahuan yang komprehensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com