Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTN Buka Program "Double Degree", Lulus Kuliah Punya Dua Gelar

Kompas.com - 27/08/2023, 11:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program double degree kian menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menguasai dua bidang ilmu sekaligus guna memperluas peluang karier. Pasalnya, semakin banyak ilmu dan keterampilan yang diraih, maka akan semakin sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau industri yang kian berkembang.

Lewat program double degree, mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar akademis pada satu periode studi yang sama. Di Indonesia, sudah ada beberapa kampus yang menerapkan program double degree bagi mahasiswanya, di antaranya:

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB membuka program kelas internasional baik untuk mahasiswa indonesia maupun asing. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa dari jenjang sarjana hingga doktor untuk menempuh pendidikan double degree.

Selama proses pembelajaran, mahasiswa wajib menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama.

ITB sudah bekerjasama dengan beberapa universitas ternama seperti Kyoto University, University of Twente, University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland, Reutlingen University, dan Chung Yuan Christian University.

Baca juga: Tips dan Manfaat Mengikuti Program Double Degree bagi Mahasiswa

2.Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia memiliki program double degree melalui program kelas internasional (KI). Program ini dapat ditempuh dengan jalur talent scouting dan SIMAK UI.

Kampus ini menawarkan dua program gelar ganda untuk gelar sarjana dan gelar magister. UI sudah bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di Australia, Belanda, dan Jepang.

Beberapa program studi yang menyediakan program double degree yaitu kedokteran, teknik sipil, teknik elektro, teknik kimia, ilmu komputer, psikologi, komunikasi, ilmu ekonomi, dan manajemen.

3.Universitas Brawijaya (UB)

Kampus yang berada di Malang, Jawa Timur ini juga memiliki program double degree untuk mahasiswa S2 saja. Program ini sudah hadir sejak tahun 2006.

Jadi, jika kamu ingin mengambil program ini di Universitas Brawijaya maka kamu harus menyelesaikan pendidikan sarjana terlebih dahulu.

Beberapa program studi yang menawarkan program double degree seperti administrasi publik, administrasi bisnis, teknik elektro, teknik mesin, biologi, kimia, matematika, ilmu pengairan, dan ilmu komputer.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Double Degree di UI, Cek 14 Jurusannya

4.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini juga tidak mau kalah dengan kampus-kampus lain, UGM juga memiliki program double degree yang diberi nama program international undergraduate program (IUP) untuk jenjang sarjana.

Kampus ini sudah bekerjasama dengan beberapa kampus di luar negeri seperti Universitas Ibaraki, Universitas Keio, Universitas Flinders. Mahasiswa akan berkuliah 1-2 tahun di luar negeri setelah menyelesaikan tahun kedua atau ketiga studi di UGM.

Beberapa program studi yang sudah menyediakan program IUP seperti biologi, akuntansi, manajemen, ekonomi, hukum, kimia, ilmu komputer, kedokteran, farmasi, psikologi, ilmu komunikasi, hubungan internasional, serta manajemen dan kebijakan publik.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Untuk jenjang S1,  Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS bekerja sama dengan Hochschule Wismar University Jerman dan Semarang Growth Centre (SGC) menggelar program Double Degree bidang keilmuan Marine Engineering.

Sementara untuk S2, Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS telah bekerja sama dengan Hochschule Wismar University (HSW), Jerman dalam membuka bersama program studi Double Degree (DD) untuk Master of Science (M.Sc) dan Master of Engineering (M.Eng).

Program studi ini memfokuskan keahliannya di bidang Teknik Sistem Perkapalan. Program ini sedang dilakukan sebagai kelanjutan dari Program Studi S1 Teknik (B.Eng) Teknik Sistem Perkapalan Double Degree (DD), yang telah diselenggarakan di Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS sejak 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com