Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Profesi Banyak Dibutuhkan hingga 2027 Mendatang Versi WEF

Kompas.com - 21/08/2023, 12:10 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Era digital dan perkembangan teknologi kini telah membawa dunia ke dalam arus kecerdasan buatan atau dikenal dengan artificial intelligence (AI). Kemunculan AI telah memberi kemudahan dalam berbagai tugas manusia, karena teknologi ini mampu menangani sejumlah pekerjaan.

Tidak heran jika semakin banyak pekerjaan manusia yang akhirnya digantikan oleh AI. Misalnya, pekerjaan layanan pelanggan atau customer service.

Saat ini, sistem chatbot dan layanan berbasis AI telah digunakan untuk menjawab pertanyaan sederhana dan umum dari pelanggan. Ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan jawaban instan dan menghemat waktu.

Baca juga: 10 Pekerjaan Tergantikan dengan Peran AI, Salah Satunya Sektor Bank

Meskipun AI memiliki potensi luar biasa dalam menggantikan pekerjaan manusia, masih terdapat beberapa pekerjaan yang masih sulit digantikan oleh AI.

Dilansir dari laman World Economic Forum 2023, AI tidak dapat secara efektif mengambil alih pekerjaan yang mengandalkan kemampuan khas manusia.

Hal ini termasuk dalam hal penilaian, kemampuan kreatif, kecekatan fisik, dan juga kecerdasan emosional.

Menurut hasil survei dalam Laporan Masa Depan Pekerjaan oleh World Economic Forum’s Future of Jobs Report 2023, pertumbuhan pekerjaan tercepat pada 2023-2027 terjadi pada setidaknya 15 pekerjaan, dengan 3 teratas di bidang pertanian, alat berat, dan pendidikan.

Baca juga: 15 Pekerjaan yang Sulit Tergantikan AI, Ada Pekerjaanmu?

Laporan tersebut menguraikan bahwa perusahaan atau pemberi pekerjaan masih membutuhkan keterampilan-keterampilan tersebut. Alasannya, karena individu yang ada dalam pekerjaan ini memiliki kemampuan analitis yang kuat, kemampuan untuk merasakan (empati), mendengarkan secara aktif, serta memiliki sikap kepemimpinan.

3 pekerjaan teratas yang sulit digantikan AI

1. Bidang pertanian

Operator peralatan pertanian sulit digantikan oleh AI karena pekerjaan ini melibatkan berbagai aspek yang memerlukan pemahaman mendalam tentang kondisi lapangan, peralatan yang digunakan, dan kondisi lingkungan pertanian.

Operator peralatan pertanian seringkali mengandalkan pengalaman bertahun-tahun dalam mengenali masalah yang muncul, seperti adanya hama atau kekurangan air. Kemampuan ini dibangun melalui praktik lapangan yang terus berubah, sehingga sulit diakses oleh AI tanpa data yang relevan.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Cerah, Sulit Digantikan AI

2. Bidang alat berat

Pengemudi truk dan bus berat melibatkan sulit berbagai aspek yang kompleks dan melibatkan interaksi yang dinamis dengan lingkungan, jalan raya, serta situasi tak terduga.

Meskipun teknologi AI dapat membantu dalam beberapa aspek berkendara, pekerjaan pengemudi truk dan bus berat tetap membutuhkan kombinasi dari keterampilan fisik, penilaian manusia, dan kemampuan beradaptasi yang sulit diwujudkan dalam AI.

Baca juga: 7 Website AI Bantu Mahasiswa Lebih Produktif, Buat Presentasi hingga CV

3. Bidang pendidikan

Guru pendidikan kejuruan sulit digantikan oleh AI karena pekerjaan ini bukan sekadar menyampaikan informasi. Namun, tugasnya juga untuk membantu siswa berkembang sebagai individu yang bertanggung jawab dan memiliki nilai moral. Guru pendidikan kejuruan berperan dalam membentuk nilai-nilai ini melalui diskusi, contoh nyata, dan interaksi langsung.

Pendidikan kejuruan banyak berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan teknis. Guru pendidikan kejuruan membantu siswa memahami dan menguasai keterampilan ini melalui instruksi langsung, latihan, dan panduan praktis yang sulit diimplementasikan oleh AI.

Itu dia 3 pekerjaan yang sulit digantikan oleh AI. Pekerjaan yang sulit digantikan oleh AI membuktikan bahwa kehadiran manusia tetap esensial dalam menghadapi perubahan teknologi yang ada.

Berikut daftar 15 bidang kerja dengan pertumbuhan tercepat pada 2023-2027:

  1. Agricultural equipment operators (operator peralatan pertanian)
  2. Heavy truck and bus drivers (pengemudi alat berat dan bus)
  3. Vocational education teachers (guru pendidikan kejuruan)
  4. Mechanics development professionals (mekanik profesional)
  5. Business development professionals (pengembang bisnis)
  6. Building frame and related trades workers
  7. University and higher education teachers (dosen dan pengajar pendidikan tinggi)
  8. Electrotechnology engineer (insinyur elektro teknologi)
  9. Sheet and structural metal workers, moulders and welders (pekerja logam dan pekerjaan terkait)
  10. Special education teachers (guru pendidikan khusus)
  11. Light truck or delivery services drivers (jasa pengiriman)
  12. Digital transformation specialist (spesialis transformasi digital)
  13. Construction laborers (kuli bangunan)
  14. Sustainability specialists (spesialis keberlanjutan dalam berbagai bidang)
  15. Digital marketing and strategy specialist (spesialis pemasaran dan strategi digital)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com