Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Peringkat Webometrics, UT Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan

Kompas.com - 02/08/2023, 18:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) berhasil meningkatkan peringkat Webometrics perguruan tinggi di Indonesia, dari peringkat 68 berdasarkan rilis pemeringkatan Webometrics Januari 2023 menjadi peringkat 60 di bulan Juli 2023.

Sebagai informasi, Webometrics adalah sistem pemeringkatan universitas di seluruh dunia menggunakan tiga indikator gabungan yakni:

  • Visibility atau Impact: indikator terkait konten website dengan bobot 50 persen
  • Transparancy atau openness: indikator sitasi peneliti dengan bobot 10 persen
  • Excellence: indikator publikasi ilmiah dengan bobot 40 persen

Sistem pemeringkatan Webometrics diterbitkan Cybermetrics Lab, kelompok penelitian yang terafiliasi dengan Spanish National Research Council (CSIC) di Madrid, Spanyol. 

Pemeringkatan Webometrics diperbaharui pada bulan Januari dan Juli setiap tahun dan saat ini telah melakukan pemeringkatan terhadap 12.002 universitas di seluruh dunia.

Dalam rilis pemeringkatan Webometrik Juli 2023, UT meraih peringkat 60 di Indonesia dan 4.256 di tingkat internasional dengan penilaian indikator: Impact Rank 1.692 poin, Opennes Rank 2.166 dan Excellence Rank 6.297.

Sedangkan pada bulan Januari 2023 lalu, UT berada diposisi ke-68 di Indonesia dan 4.931 di dunia dengan total poin untuk setiap indikator: Impact Rank 2.617 poin, Opennes Rank 2.344 dan Excellence Rank 6.819.

Kepala Subdit Hubungan Masyarakat dan Pemasaran UT, Maya Maria menyampaikan capaian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan layanan terhadap mahasiswa dan juga para pemangku kepentingan. 

"Capaian positif ini tentunya menjadi motivasi bagi para pimpinan dan segenap stakeholders di lingkungan UT untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan layanan akademik berbasis website yang berujung pada peningkatan kepuasan mahasiswa dan stakeholders UT," ungkapnya.

Baca juga: 20 PTN Terbaik Indonesia Versi Webometric 2022, Referensi Pilih Kampus

Lebih jauh Maya menjelaskan, UT kini yang telah berstatus PTN-BH terus berkomitmen memberikan layanan pendidikan tinggi jarak jauh dengan biaya terjangkau kepada semua lapisan masyarakat.

"UT yang fleksibel sistem pembelajarannya, kini pun diminati oleh generasi milenial di Indonesia," jelasnya.

Hal ini, lanjut Maya, dapat dibuktikan dengan melihat jumlah mahasiswa milenial UT yang berumur di bawah 29 tahun berjumlah 320.808 mahasiswa atau sekitar 73.04 persen dari total 439.222 mahasiswa per tanggal 29 April 2023.

Ia juga menegaskan, UT sebagai pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia memiliki komitmen kuat untuk terus meningkatkan kualitas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk dalam hal penyajian informasi dan layanan akademik berbasis website yang dinilai oleh sistem pemeringkatan Webometrics.

Hal ini masuk pada salah satu indikator penilaian Indeks Kinerja Utama (IKU) universitas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com